Apresiasi Kunjungan Perpustakaan, Pemko Tanjungpinang Berikan Penghargaan

Katakepri.com, Tanjungpinang – Dalam rangka menggalakkan budaya membaca dikalangan Pelajar, Mahasiswa dan Masyarakat, Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan memberikan penghargaan pengunjung perpustakaan terbaik tahun 2024.

Penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan di Aula Pertemuan Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Kamis (24/10).

Penghargaan Budaya Gemar Membaca 2024 diberikan kepada individu-individu maupun sekolah yang berprestasi di lingkup literasi. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tanjungpinang, Meitya Yulianty, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini diadakan untuk memberikan apresiasi kepada anak-anak sekolah dan masyarakat yang rajin mengunjungi perpustakaan. 

Pertambahan kunjungan masyarakat ke perpustakaan juga merupakan tujuan utama Pemerintah untuk menggalakkan budaya gemar membaca bagi masyarakat.

Meitya turut menuturkan bahwa saat ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan memiliki Mobil Perpustakaan Keliling dan E-Book untuk memudahkan masyarakat mengakses literasi.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Muhammad Yatim, dalam sambutannya, menyambut baik digelarnya kegiatan pemberian penghargaan gerakan budaya gemar membaca 2024. 

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata perhatian pemerintah untuk meningkatkan minat baca, wawasan, dan ilmu pengetahuan, khususnya bagi pelajar dari tingkat TK, SD, sampai SMP, serta masyarakat umum di Kota Tanjungpinang.

“Ini juga mendorong masyarakat untuk lebih aktif berkunjung ke perpustakaan kota Tanjungpinang,” ucapnya.

Yatim juga mengingatkan bahwa perpustakaan memiliki peran yang sangat penting sebagai sumber informasi dan pembelajaran.

”Perpustakaan ini berkontribusi dalam menumbuhkan kreativitas, inovasi, dan keterampilan, yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. 

Adapun penerima penghargaan pengunjung perpustakaan terbaik 2024 untuk kategori umum atau perorangan, juara pertama diraih Abdul Haris, juara kedua M. Ali Bazar Marilau, dan Lita Rosyada sebagai juara ketiga. 

Sementara itu, kategori kelompok sekolah, juara pertama diraih TK RA Al-Falah, diikuti juara kedua SMPN 11 Tanjungpinang, dan TK As Shalihah sebagai juara ketiga. Masing-masing pemenang menerima piagam penghargaan, trofi, dan uang pembinaan. (Red)