Pj. Wali Kota Sambut Dirjen Polpum Kemendagri Di Tanjungpinang

Katakepri.com, Tanjungpinang – Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Andri Rizal, bersama Pj. Ketua TP PKK, Efa Sri Nurlathifa Khifayana, menyambut kedatangan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kemendagri RI, Bahtiar Baharuddin, beserta istri, Sofha Marwah Bahtiar, di Pelantar 1 Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Senin (2/9/2024).

Kehadiran Dirjen Bahtiar dan istri disambut dengan prosesi adat tabur beras kunyit, yang melambangkan penghormatan kepada tamu. 

Pj. Wali Kota Andri Rizal kemudian memasangkan tanjak, penutup kepala khas Melayu, kepada Dirjen Bahtiar sebagai simbol penghormatan.

Sementara itu, istri Dirjen Polpum, Sofha Marwah Bahtiar, menerima tudung manto, penutup kepala khas perempuan Melayu, yang disematkan oleh Pj. Ketua TP PKK, Efa Sri Nurlathifa Khifayana.

Kunjungan Dirjen Polpum Bahtiar beserta istri ke Tanjungpinang bertujuan untuk bersilaturahmi dengan pemerintah kota Tanjungpinang.

Pj. Wali Kota Andri Rizal mengucapkan selamat datang dan menyatakan kunjungan ini merupakan momen penting untuk memperkuat sinergi antara pemerintah pusat dan daerah, terutama dalam pelaksanaan program dan kegiatan bersama.

“Kehadiran bapak di sini merupakan kehormatan bagi kami. Semoga kunjungan ini membawa manfaat yang besar bagi kemajuan Kota Tanjungpinang,” ujar Andri Rizal.

Pj. Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Efa Sri Nurlathifa Khifayana, terlihat berbincang akrab dengan Sofha Marwah Bahtiar.

Dalam kesempatan tersebut, Efa memperkenalkan tempat yang dikunjungi dan menjelaskan makna simbol adat yang disematkan dalam prosesi penyambutan.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Dirjen Polpum beserta istri juga melakukan ziarah ke makam Daeng Celak dan Daeng Marewa di Kelurahan Kampung Bugis, serta Pulau Penyengat.

Turut hadir dalam penyambutan Dirjen Polpum, Kasatpol PP Abdul Kadir Ibrahim; Kepala Dinas Perhubungan Boby Wira Satria; Kadisbudpar, Muhammad Nazri; Kepala BNNK Kombes Pol Heryanto; serta beberapa pejabat Pemko Tanjungpinang lainnya. (Red)