TikTok Akan Bikin Aplikasi Streaming Musik

Katakepri.com, Jakarta – Setelah sukses mendominasi pasar video singkat, TikTok tampaknya akan melebarkan sayapnya ke industri streaming dengan meluncurkan aplikasi streaming musik.

Hal ini terungkap dari pendaftaran merek dagang ‘TikTok Music’ yang diajukan oleh induk TikTok, ByteDance, kepada US Patent and Trademark Office pada bulan Mei lalu. ByteDance sebelumnya sudah mendaftarkan merek dagang TikTok Music di Australia pada November 2021, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (2/8/2022).

Menurut pendaftaran tersebut, aplikasi TikTok Music akan menyediakan layanan untuk membeli, memutar, membagikan, dan download musik. Selain itu pengguna juga bisa membuat, membagikan, dan merekomendasikan playlist, mengomentari musik, serta livestream audio dan video.

TikTok sendiri saat ini menjadi tempat bagi banyak penggunanya untuk mencari musik baru, dan kadang musik yang dipakai di video viral membuat popularitasnya naik di tangga lagu. Laporan TikTok menemukan 175 lagu yang trending di platform-nya berhasil masuk ke tangga lagu Billboard 100.

Ini bukan pertama kalinya ByteDance terjun ke industri streaming musik. Pada tahun 2020, ByteDance sudah meluncurkan aplikasi streaming musik Resso di India, Indonesia, dan Brasil.

Resso memiliki banyak fitur seperti yang dideskripsikan di pendaftaran TikTok Music, seperti opsi untuk membuat playlist, berbagi lagu ke media sosial, dan berinteraksi dengan komunitas. Belum diketahui apakan ByteDance akan menggunakan kerangka Resso untuk TikTok Music atau menciptakan sesuatu yang sepenuhnya baru.

ByteDance bahkan mengintegrasikan Resso dengan TikTok untuk menjaring lebih banyak pengguna. Menurut laporan The Information, aplikasi TikTok di Brasil hadir dengan opsi untuk mengarahkan pengguna ke Resso jadi mereka bisa mendengarkan lagu versi penuh tanpa keluar dari ekosistem ByteDance.

Jika TikTok Music benar-benar diluncurkan, pemain besar di industri streaming musik seperti Spotify dan Apple Music akan menghadapi ancaman yang besar.

Menurut data Sensor Tower, TikTok saat ini sudah diunduh lebih dari tiga miliar kali di seluruh dunia. Aplikasi ini bahkan membuat platform seperti Instagram dan YouTube untuk berpaling ke layanan video pendek, jadi bukan tidak mungkin mereka akan bisa mengubah lanskap industri streaming musik. (Red)

Sumber : detik.com