Disdik Tanjungpinang Adakan Pelatihan PKB Guru SD Berbasis Komunitas

katakepri.com, Tanjungpinang –¬†Untuk meningkatkan profesionalisme Guru Kelas Sekolah Dasar (SD) se Kota Tanjungpinang. Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang melaksanakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Kelas SD Berbasis Komunitas, di Aula SMP Negeri 4 Tanjungpinang, Selasa (3/10) sore.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Drs. HZ. Dadang, AG, menjelaskan pelaksanaan program pengembangan berkelanjutan ini merupakan kelanjutan dari program guru pembelajaran dengan tujuan utama untuk meningkatkan kompetensi guru, dengan kenaikan capaian nilai Uji Kompetensi Guru (UKG) adalah 70.

Program pengembangan keprofesian berkelanjutan ini dilaksanakan berbasis Komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (Komunitas GTK),” ujarnya

Ia mengatakan, pelaksanaan PKB ini menggunakan 3 moda yaitu, tatap muka, daring murni model 1 dan 2 serta daring kombinasi. Untuk pesertanya dipetakan berdasarkan kelompok kompetensi dan letak georafis, serta harus terdaftar di Komunitas GTK.

(Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah memasangkan secara simbolik bet peserta pelatihan PKB)

Pelaksanaan pengembangam profesi guru kelas ini diikuti sebanyak 160 orang guru. Peserta dibagi menjadi 4 KKG Gugus, yaitu Gugus 2 Bukit Bestari, pusat belajar dilaksanakan di SDN 04 Bukit Bestari. Gugus 3 pusat belajar di SDN 02 Bukit Bestari.

Sementara untuk, Gugus 4 pusat belajar di SDN 06 Tanjungpinang Timur, dan Gugus Raja Ali Haji pusat belajar dilaksanakan di SDN 04 Tanjungpinang Timur. Pelaksanaan kegiatan PKB ini akan dilaksanakan mulai 3 Oktober s.d 19 Oktober 2017,” terangnya

Dadang berharap, melalui program ini, mampu meningkatkan kompetensi guru secara berkelanjutan, sehingga dapat melakukan pembelajaran yang menarik dan berinovasi sesuai kebutuhan materi yang diajarkan. Ia juga berpesan, agar guru bisa mengikuti kegiatan ini dengan santai, laksanakan dengan cara bekerjasama, jangan stres, laksanakan dengan santai, dan jangan malu bertanya.

” Kedepan peningkatan mutu pendidikan tidak boleh lepas dari kualitas guru. Mudah-mudahan hasil dari 160 orang guru ini bisa mencapai target 70, bahkan lebih, amin “, ucap Dadang, dijawab amin secara serentak oleh seluruh guru.

(Walikota Tanjungpinang, Kadis Pendidikan dan Assisten I foto bersama dengan peserta pelatihan PKB)

Pelaksanaan program ini secara resmi dibuka oleh Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis.

Acara ini, turut dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah SD, serta Camat Tanjungpinang Barat. (Red)