FPI Cari Relawan Siap Mati untuk Bantu Rohingya di Myanmar

katakepri.com, Jakarta –¬†Front Pembela Islam (FPI) menyatakan siap mengirim tim relawan dan bantuan ke Rakhine State, Myanmar. Hal ini untuk meringankan beban dan derita etnis muslim Rohingya yang menjadi korban pelanggaran kemanusiaan di negara itu.

Ketua Umum DPP FPI Ahmad Sobri Lubis mengatakan, relawan dan bantuan itu dikoordinir melalui pengurus wilayah. Di situ, mereka membuka pendaftaran bantuan dan relawan.

“Kalau yang mau keluar negeri mau jadi realawan jihad itu semuanya sudah ada yang atur,” kata Sobri dihubungi melalui telepon, Senin (4/9).

Namun, Sobri sendiri mengaku belum bisa memastikan detail keberangkatan para relawan itu. Dia hanya menyebut pengerahan bantuan dan relawan itu disyaratkan bagi orang yang berkenan membantu umat muslim di Rohingnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, relawan yang diberangkatkan itu nantinya harus siap menanggung resiko terburuk yang mungkin akan menimpa mereka. Pasalnya situasi Myanmar saat ini tidak menentu pasca menyeruak bentrokan yang berujung pada meninggalnya 400 lebih warga etnis Rohingya.

“Ya semuanya harus siap, untuk detail keberangkatan belum ada pastinya, hanya yang berangkat ini harus siap saja dengan kondisi dan situasi terburuk,” kata dia.

Di sisi lain, Juru Bicara FPI, Slamet Ma’arif juga menyebut, prasyarat relawan yang berangkat tidak terbatas sebagai anggota FPI atau tidak. Siapapun bisa menjadi relawan, dengan syarat utama siap meninggal dalam keadaaan syahid ketika tugas di Myanmar.

“Bersedia mati syahid artinya siap dengan kemungkinan terburuk, yaitu gugur dalam tugas,” ujar Slamet. (Red)

Sumber : cnnindonesia.com
.