Pedrosa Menang di Jerez, Tiga Pembalap Spanyol Naik Podium

katakepri.com, Jerez –¬†Pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa memenangi balapan MotoGP Spanyol. Pedrosa naik podium diikuti dua pebalap Spanyol lainnya, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo.

Ketika balapan di Jerez, Minggu (7/5/2017) malam WIB dimulai, Pedrosa yang memegang pole position langsung ngacir di depan diikuti Marquez di posisi kedua. Cal Crutchlow yang start posisi ketiga harus dilewati Andrea Iannone.

Di belakang Crutchlow ada Maverick Vinales yang berusaha merangsek ke barisan terdepan.

Johann Zarco jadi pebalap paling “hot” di awal seri ini karena dia mampu melewati satu per satu pebalap di depannya hingga akhirnya berada di posisi ketiga untuk membuntuti duo Honda, Pedrosa dan Marquez.

Gangguan Zarco kepada Marquez lantas memudahkan Pedrosa untuk melebarkan jarak di depan menjadi 1,1 detik pada lap ketiga. Marquez pun mau tak mau terpecah konsentrasinya karena harus meladeni Zarco.

Beberapa kali Zarco dan Marquez saling salip menyalip. Sementara Lorenzo dengan Ducati-nya mulai menunjukkan peningkatan dengan menyalip Rossi di lap ketiga.

Lalu dua lap setelahnya, giliran Vinales yang disalip Lorenzo untuk berada di posisi keenam.

Pedrosa masih nyaman berada di posisi terdepan dengan jarak sekitar 1,4 detik atas Marquez yang mulai bisa lepas dari kejaran Zarco. Sementara Lorenzo mendekati posisi tiga terdepan setelah melewati Iannone serta dibantu Crutchlow yang mengalami crash.

Berada di posisi keempat, Lorenzo lantas memacu motornya lebih kencang mendekati Zarco pada lap ke-12 dan akhirnya mampu menyalip pebalap asal Prancis itu.

Vinales terlibat duel seru dengan Rossi dan Andrea Dovizioso untuk merebut posisi kelima pada lap ke-14. Vinales akhirnya mampu mempertahankan posisi kelima disusul Dovizioso, Rossi, dan Danilo Petrucci.

Pedrosa terlihat nyaman dan makin melebarkan sedikit demi sedikit jarak dengan Marquez di posisi kedua. Pedrosa punya jarak sekitar 1,3 detik dari Marquez di delapan lap tersisa.

Tiga besar yakni Pedrosa, Marquez, dan Lorenzo seperti sulit dikejar oleh para pesaingnya. Sementara Vinales masih berupaya memperbaiki posisinya demi menambah poin setelah crash-nya di Austin dua pekan lalu.

Rossi sendiri tampil kurang oke karena posisinya perlahan-lahan menurun setelah disalip pebalap lain dan berada di possii kesepuluh.

Hingga akhirnya Pedrosa jadi pebalap pertama yang melintasi garis finis disusul Marquez, Lorenzo, Zarco, dan Dovizioso. Vinales, Petrucci, Jonass Folger, Aleix Espargaro, dan Rossi melengkapi posisi lima besar.

Ada empat pebalap yang tak bisa menuntaskan balapan yakni Iannone, Tito Rabat, Crutchlow, dan Alvaro Bautista. (red)

Sumber : detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here