BPS Dan Diskominfo Perkuat Pengelolaan Data Sektoral Menuju Tanjungpinang Cinta Statistik 2025

Katakepri.com, Tanjungpinang – Kegiatan Pembinaan Statistik Sektoral bagi Aparatur Kecamatan dan Kelurahan di kota Tanjungpinang resmi ditutup, Kamis (24/10/2024), di kantor camat Tanjungpinang Barat.

Kegiatan ini merupakan penutup dari rangkaian pembinaan yang telah dilaksanakan di seluruh kecamatan dan kelurahan sejak 21 hingga 24 Oktober 2024.

Plt. Kepala BPS Kota Tanjungpinang, Donny Cahyo Wibowo, menyampaikan kegiatan ini sejalan dengan amanah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Dalam hal ini, BPS berperan sebagai pembina data, khususnya dalam bidang statistik sektoral.

“Kami melakukan pembinaan kepada OPD di mana terdapat kegiatan statistik, bukan hanya terbatas pada survei dan pengumpulan data, tetapi juga mencakup kompilasi produk administrasi,” ujarnya.

Dalam pelaksanaannya, Donny menjelaskan statistik sektoral yang dikumpulkan oleh dinas atau instansi memiliki kualitas yang bervariasi. “Ada data yang akurat, tetapi ada juga yang asal kumpul. Oleh karena itu, BPS perlu turun ke lapangan untuk memberikan pembinaan agar data yang dikumpulkan lebih berkualitas,” tegasnya.

Statistik sektoral berfungsi untuk memperkuat statistik dasar yang diperlukan dalam pengambilan keputusan berdasarkan indikator tertentu. “Kami perlu mengidentifikasi data yang diperlukan untuk pengambilan kebijakan yang lebih tepat,” tambah Donny.

Statistik sektoral berfungsi untuk memperkuat statistik dasar, yang diperlukan dalam intervensi angka berdasarkan indikator tertentu. “Kami perlu mengidentifikasi data yang diperlukan untuk pengambilan kebijakan yang lebih tepat,” tambah Donny.

Kepala Dinas Kominfo Kota Tanjungpinang, Teguh Susanto, yang diwakili Kabid Statistik dan Persandian, Ririn Noviana, berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat di kalangan aparatur kecamatan dan kelurahan untuk lebih peduli terhadap pengelolaan data.

“Data yang berkualitas akan menjadi aset berharga dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan,” ungkapnya.

Setelah mengikuti kegiatan ini, kata Ririn, para peserta diharapkan lebih memahami dan mampu membangun data statistik yang berkualitas di unit kerja masing-masing, sehingga penyelenggaraan Satu Data di kota Tanjungpinang dapat terwujud secara efektif.

“Semoga, hasil dari kegiatan ini dapat mendorong pengelolaan data yang lebih baik dan menyeluruh di kota Tanjungpinang ke depan,” ucapnya.

Sementara itu, Plt. Sekretaris Camat Tanjungpinang Barat, Prayoga Dwi Putra, memberikan apresiasi dan terima kasih kepada BPS dan Diskominfo atas pembinaan yang telah dilakukan. 

“Data adalah hal yang sangat penting bagi pengambilan keputusan. Melalui pembinaan ini, aparatur kecamatan dan kelurahan akan lebih memahami bagaimana mengolah data dengan lebih baik dan akurat,” ujarnya. (Red)