KPU Tanjungpinang Gelar Debat Publik Pertama Pilkada 2024

Katakepri.com, Tanjungpinang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang menyelenggarakan debat publik pertama calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang 2024, di CK Hotel Tanjungpinang and Convention Centre, Sabtu (19/10/2024) malam.

Debat ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Zulhidayat, unsur Forkopimda, Bawaslu, tim panelis, ketua tim perumus debat, serta para pendukung dari masing-masing pasangan calon.

Dalam debat tersebut, dua pasangan calon, Rahma-Rizha Hafish (nomor urut 1) dan Lis Darmansyah-Raja Ariza (nomor urut 2), memaparkan visi, misi, serta program unggulan mereka untuk memajukan kota Tanjungpinang selama lima tahun ke depan.

Mengangkat tema Mewujudkan Kota Tanjungpinang yang Sejahtera, Berbudaya, Sehat, dan Berbasis Ekonomi Biru sebagai Smart City yang Berkelanjutan, debat ini menjadi ajang bagi para calon untuk memaparkan visi, misi, serta program yang akan mereka usung selama lima tahun ke depan. 

Tema tersebut disusun berdasarkan kajian tim perumus dan disesuaikan dengan rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) serta rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Tanjungpinang.

Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Muhammad Faizal, mengatakan, debat ini merupakan bagian penting dari rangkaian Pilkada serentak yang akan digelar pada 27 November 2024. 

Menurutnya, dari debat ini, masyarakat dapat mengetahui visi, misi, dan program yang diusung oleh masing-masing pasangan calon yang akan memimpin kota Tanjungpinang ke depan. 

“Sehingga masyarakat yang telah memiliki hak pilih dapat menentukan pilihan dengan lebih bijak di bilik suara,” ujar Faizal. 

Ia berpesan kepada masyarakat yang menyaksikan debat ini, baik secara langsung maupun melalui siaran TVRI, kanal YouTube KPU, YouTube Diskominfo Tanjungpinang, serta LPP RRI, untuk bersama-sama menjaga kondusivitas dan kebersamaan di kota Tanjungpinang sebagai ibu kota Provinsi Kepulauan Riau.

“Kami mengajak masyarakat yang sudah memenuhi syarat untuk datang ke TPS pada 27 November 2024 guna menyalurkan hak pilihnya demi masa depan Tanjungpinang yang lebih baik,” tutupnya. (*)