Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Tingkat Smp Tanjungpinang Sukses Digelar

Katakepri.com, Tanjungpinang – Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta di Kota Tanjungpinang sukses digelar selama dua hari, mulai Rabu (3/7) hingga Kamis (4/7/2024).

Sebanyak 124 atlet dari siswa-siswi SMP di Tanjungpinang bersaing dalam lima cabang olahraga yang diperlombakan. Rinciannya, renang 10 peserta, atletik 32 peserta, pencak silat 24 peserta, karate 32 peserta, dan bulu tangkis 26 peserta. 

Kegiatan ini dilaksanakan di sejumlah lokasi di Kota Tanjungpinang. Cabang atletik digelar di lapangan Dompak, cabang renang diadakan di Dendang Ria, bulu tangkis di Hall Dwi Kora, sementara pencak silat dan karate di aula SMK Negeri 3 Tanjungpinang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Teguh Ahmad Syafari, menyampaikan O2SN ini adalah ajang untuk mengasah bakat dan potensi siswa-siswi dalam bidang olahraga. “Semoga melalui O2SN, kita bisa menemukan bibit unggul yang bisa membawa nama baik Tanjungpinang di tingkat provinsi dan nasional,” ungkapnya.

Teguh mengatakan, para pemenang di setiap cabor akan mewakili kota Tanjungpinang dalam ajang O2SN tingkat provinsi yang akan digelar pada 10-11 Juli mendatang.

“Setelah tahun lalu kita meraih medali emas pada cabang pencak silat, kita berharap tahun ini, dari cabang renang ada yang bisa meraih medali emas di tingkat provinsi, bahkan nasional,” harap Teguh.

Sementara itu, Ketua Ikatan Guru Olahraga Nasional (Igornas) Kota Tanjungpinang, Bayu Yogo Pratomo, berharap para atlet dari kota Tanjungpinang bisa menjuarai di tingkat provinsi dan berhasil menjadi perwakilan Provinsi Kepulauan Riau di tingkat nasional. 

“Tahun lalu kita hanya mendapatkan satu emas di cabang pencak silat, semoga tahun ini jumlah medali yang diraih oleh kontingen kota Tanjungpinang di tingkat provinsi bisa bertambah,” kata Bayu.

Muhammad Fadrahman (13), siswa SMP 5 Tanjungpinang, peraih juara umum cabang renang, mengungkapkan rasa syukur dan bangganya setelah memenangkan kompetisi O2SN ini.”Alhamdulillah hasil kerja keras saya ini bisa meraih juara umum. Persiapan untuk di tingkat provinsi nanti, saya akan terus berlatih, tetap semangat, dan percaya diri,” ujarnya.

Rasa senang juga disampaikan Gadeiza (12), yang juga meraih juara. Ia mengaku bangga bisa meraih juara umum pada ajang O2SN. 

“Alhamdulillah, senang bisa masuk ke tingkat provinsi. Saya akan latihan setiap hari agar bisa mendapatkan hasil terbaik. Kepada teman-teman di cabang olahraga lainnya, tetap semangat, terus berlatih agar kita bisa bersama-sama meraih prestasi terbaik dan membawa nama harum Kota Tanjungpinang di tingkat provinsi dan nasional,” kata Gadeiza.

Sebagai informasi, Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang sebelumnya juga telah menyelenggarakan O2SN tingkat Sekolah Dasar (SD) pada 22-23 Juli lalu, diikuti 126 atlet di lima cabang olahraga yang sama seperti O2SN tingkat SMP. (Red)