Penghargaan Gemar Membaca 2024, Dorong Semangat Literasi Masyarakat Di Tanjungpinang

Katakepri.com, Tanjungpinang – Ajang Penghargaan Gerakan Budaya Gemar Membaca 2024 yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Tanjungpinang menjadi momen bersejarah bagi TK As Shalihah. 

Sekolah ini berhasil meraih penghargaan sebagai Pengunjung Perpustakaan Terbaik III untuk kategori kelompok sekolah, sebuah capaian yang tidak disangka-sangka oleh kepala sekolahnya, Erlina.

“Penghargaan ini benar-benar di luar dugaan kami. Ini menjadi kebanggaan, terutama karena selama ini kami aktif mengajak anak-anak untuk berkunjung ke Perpustakaan Kota Tanjungpinang,” ujar Erlina usai menerima penghargaan, di aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, kantor Wali Kota Tanjungpinang, Kamis (24/10/2024).

Menurut Erlina, fasilitas dan layanan yang disediakan perpustakaan sangat mendukung kegiatan belajar-mengajar di sekolah. “Pelayanannya sangat baik, dan fasilitas antar jemput yang tersedia semakin memotivasi kami untuk rutin berkunjung,” tambahnya.

Penghargaan ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi pihak sekolah, tetapi juga membawa semangat baru bagi para siswa. Erlina mengatakan, anak-anak sangat menikmati kunjungan ke perpustakaan dan hal ini turut mendorong minat mereka untuk lebih rajin membaca. 

“Dengan adanya jadwal rutin, anak-anak semakin bersemangat untuk menjelajahi dunia buku,” tambahnya.

Tatiana, siswi kelas 8 SMPN 11 Tanjungpinang, juga menyampaikan kebahagiaannya saat berkunjung ke perpustakaan. “Saya suka membaca, terutama buku cerita. Setiap minggu, kelas kami bergantian berkunjung ke perpustakaan, dan itu sangat menyenangkan,” ungkap Tatiana.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Muhammad Yatim, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada para kepala sekolah dan guru pembimbing yang telah berperan aktif dalam meningkatkan literasi melalui kunjungan rutin ke perpustakaan umum dan layanan perpustakaan keliling. 

“Terima kasih kepada masyarakat yang terus menumbuhkan minat baca, dan selamat kepada para pemenang penghargaan pengunjung perpustakaan terbaik,” ujar Yatim.

Sementara itu, Kepala DPK Kota Tanjungpinang, Meitya Yulianty, mengatakan penghargaan ini bertujuan untuk memotivasi masyarakat, terutama siswa, agar lebih gemar membaca dan berkunjung ke perpustakaan. 

“Kami terus bekerja sama dengan sekolah-sekolah untuk meningkatkan jumlah pengunjung, dan alhamdulillah, semakin ramai yang berkunjung ke perpustakaan,” tutup. (Red)