Portugal Menjadi Seri Pembuka Balapan MotoGP 2023

Katakepri.com, Jakarta – Qatar tidak akan lagi menjadi seri pembuka MotoGP seperti yang sudah-sudah. Portugal baru saja diumumkan sebagai balapan pertama di MotoGP 2023.

Sirkuit Losail, Qatar selama ini didapuk menjadi tuan rumah seri pertama MotoGP sejak 2007. Setahun berikutnya balapan Qatar diselenggarakan pada malam hari sampai sekarang.

Namun pada MotoGP 2023, jadwal MotoGP Qatar mesti digelar belakangan. Hal itu terjadi sehubungan dengan renovasi besar-besaran dan pemodelan ulang area paddock serta sejumlah fasilitas sirkuit.

Dengan demikian, FIM mengumumkan bahwa seri Portugal akan mengawali MotoGP 2023. Itu akan menandai pertama kalinya sejak seri Spanyol 2006 saat MotoGP mengawali kejuaraan di Eropa.

“Grand Prix Portugal akan menjadi gelaran pertama Kejuaraan Dunia MotoGP 2023, dengan Autodromo Internacional do Algarve yang menakjubkan akan menjadi tuan rumah seri pembuka dari 24-26 Maret 2023,” bunyi pernyataan FIM dilansir Autosport.

“MotoGP Portugal 2023 akan menandai untuk pertama kalinya kalander MotoGP dimulai di Eropa sejak 2006 dan hanya menjadi seri pembuka musim untuk kali ketiga yang digelar di Eropa selama lebih dari tiga dekade.”

“Itu juga akan menjadi pertama kalinya Portugal menggelar balapan pertama dalam satu musim, dengan ekspektasi jelang musim baru untuk mencapai kecepatan penuh di Algarve sebagai debut grid dengan warna-warna dan mesin baru merea, dan piala-piala pertama diberikan.”

Disebutkan pula bahwa tes pramusim resmi terakhir MotoGP 2023 juga akan digelar di Portimao sebelum balapan pertama. Untuk tahun depan, tes pramusim cuma akan diselenggarakan selama lima hari di mana Portugal mendapatkan jatah dua hari tes, sedangkan venue mana yang akan menggelar sisa tiga hari tes itu belum ditentukan.

Sementara itu kalender MotoGP 2023 selengkapnya akan segera diumumkan. (Red)

Sumber : detik.com