Imbas Kenaikan Harga Minyak, KFC Mulai Jual Ceker Ayam!

Katakepri.com, Jakarta – KFC di China kini mulai menjual menu ceker ayam yang tak pernah ada sebelumnya. Menu ini dikeluarkan gara-gara harga minyak di Negeri Tirai Bambu sedang mahal.

“Saya dapat melaporkan kembali bahwa untuk tahun ini, untuk 2022, kami akhirnya menjual ceker ayam,” kata CEO Yum China (YUMC) Joey Wat, pemegang waralaba KFC di China, dikutip dari CNN Business, Selasa (2/8/2022).

Wat mengatakan harga minyak yang sedang tinggi membuat perusahaan mengambil langkah tersebut. Karena harga minyak yang tinggi, maka perusahaan mengambil efisiensi dengan cara menggoreng bahan makanan sebanyak-banyaknya. Hal ini jadi cara mengoptimalkan penggunaan minyak goreng.

Tak hanya ceker ayam, KFC di China juga memperkenalkan menu ujung sayap ayam. Wat berseloroh perusahaan memanfaatkan seluruh bagian ayam untuk bisa dijual.

“Kami berusaha menyerap kenaikan harga komoditas ini, dengan memanfaatkan seluruh bagian ayam. Itu berarti menggunakan setiap bagian ayam, kecuali bulunya, kurasa,” kata Wat sambil tertawa.


Harga Bahan Baku Naik, KFC di China Sampai Jualan Ceker AyamYum China yang memiliki lisensi membuka jaringan KFC, Pizza Hut, dan Taco Bell di China, mengaku sangat kesulitan menghadapi kuartal terberat karena adanya kebijakan lockdown akibat COVID-19.

Dari April hingga Juni, Yum China mengatakan penjualan di lokasi yang dibuka setidaknya selama satu tahun, turun 16% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Selain itu, perusahaan juga harus mengeluarkan biaya operasional untuk sewa tempat hingga pemasaran. Meski demikian KFC di China berjanji untuk menghindari PHK tahun ini.

“Kami akan melihat semua peluang penghematan biaya kecuali PHK. Kami memiliki 450.000 staf, dan 450.000 keluarga yang harus dijaga,” jelas Wat.

Wat mengatakan dia bertekad untuk menjaga stafnya dan tetap berencana membuka toko atau jaringan baru. Awal tahun ini, Yum China menetapkan target untuk membuka 1.000 hingga 1.200 toko baru hingga 2022. (Red)

Sumber : detik.com