4 Kondisi Rambut yang Mencerminkan Masalah Kesehatan

katakepri.com, Jakarta –¬†Rambut tidak hanya sekadar mahkota pria atau wanita. Beberapa penelitian membuktikan adanya masalah kesehatan pada tubuh bisa dilihat pertama kali dari rambut.

Kondisi rambut yang tidak normal, seperti mudah rontok atau patah, tidak hanya menurunkan rasa percaya diri. Dirangkum dari berbagai sumber, kondisi rambut yang tidak normal juga bisa mencerminkan adanya masalah kesehatan.

Apa saja?

1. Rambut rapuh

Terlalu banyak makan junk food? Hati-hati, rambut Anda bisa rapuh dan terlihat kusam. Pakar mengatakan rambut yang rapuh dan terlihat kusam menandakan kondisi kurangnya asupan nutrisi dan zat-zat bergizi.

2. Rambut rontok

Rambut rontok bukan hanya terjadi karena faktor penuaan. Telogen efflvium atau penipisan rambut karena stres psikologis dan depresi juga bisa menyebabkan rambut mengalami kerontokan.

3. Rambut patah

Rambut mudah patah menandakan adanya mutasi keratin, yakni zat yang berperan penting dalam pembentukan enamel gigi. Kekurangan keratin juga membuat gigi menjadi tempat yang disenangi bakteri untuk tinggal.

4. Kebotakan dini

Pria yang berumur 40 tahun ke bawah tapi rambutnya sudah botak atau beruban menurut studi bisa jadi berisiko untuk terkena penyakit jantung. Risikonya bahkan lebih tinggi dari orang yang obesitas. (Red)

Sumber : detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here