Minum Kopi Juga Bikin Suara Serak Lho, Begini Penjelasannya

katakepri.com, Jakarta –¬†Menjadi mahasiswa atau orang yang hidup dikejar-kejar deadline memang berat. Rasanya belum tenang jika belum menuntaskan pekerjaan tersebut sampai memutuskan untuk begadang hingga larut malam. Hanya kopi yang menjadi teman setia saat itu juga. Tapi konon, minum kopi bisa bikin suara serak. Benarkah?

“Hubungannya ke lambungnya, jadi kafein itu memicu reflux atau asam lambung, kafein dalam jumlah banyak ya,” terang dr Linda Herliana, SpTHT-KL, Mkes atau yang akrab disapa dr Linda, spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan dari RS Permata Depok.

Menurut ia, minum kopi sebaiknya tidak lebih dari dua gelas atau tidak lebih dari 250 cc, sebab jika dikonsumsi sebanyak itu, dapat memicu reflux atau asam lambung yang dikenal dengan istilah laryngopharyngeal reflux atau LPR. Akibatnya asam lambung yang naik ke area laring atau pita suara bisa menyebabkan suara serak.

“Banyak yang suka konsumsi kopi, biasanya yang suka begadang, minum kopi, terus suaranya tiba-tiba serak atau habis suaranya, nah itu,” tegas dokter kelahiran Nganjuk 13 April 1980 itu.

dr Linda mengatakan, selain faktor seringnya minum kopi dalam jumlah banyak, suara serak pun bisa disebabkan oleh infeksi atau pemakaian suara secara berlebihan. Misal pada moderator atau pada penyanyi.

“Kalau di kita istilahnya vocal abuse, kalau vocal abuse biasanya istirahat pemakaian suara, kalau di luar negeri biasanya not talking, dipasang di badannya lima hari. Selain ada obat, biasanya obatnya kita beri steroid,” tuturnya. (Red)

sumber : detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here