Jangan Lupain Mantan, nanti terkena penyakit Amnesia!

30/12/2016

– Kata Kepri – Secara medis, kehilangan daya ingat (amnesia) atau lupa merupakan ketidakmampuan seseorang untuk mengungkapkan apa yang ada di dalam memori otaknya.

Ada orang yang mudah sekali lupa meletakkan atau membawa barang dan juga mengingat sesuatu hal tanpa disengaja, namun ada yang dengan keras ingin melupakan suatu kenangan lama sehingga mereka kesulitan melakukan banyak hal.

Padahal, usaha melupakan mantan bisa bikin seseorang depresi keras dan bisa saja bukan cuma lupa sebentar melainkan amnesia. Duh bahaya! Padahal pernah ada yang bilang, mantan itu bukan untuk dilupakan tapi dijadikan pelajaran.

Nah, beberapa hal di bawha ini juga bisa menjadi penyebab seseorang mudah lupa seperti terlalu banyak informasi yang diterima oleh otak (overload), adanya penyakit yang mengakibatkan lupa atau kondisi lainnya. Penyebab seseorang mudah lupa dari yang mudah sampai yang susah yaitu:

1. Sakit kepala migrain

Jika seseorang menderita migrain, maka kondisi ini akan menimbulkan rasa sakit di kepala dan sesudahnya membuat seseorang menjadi bingung serta pelupa.

2. Cedera di kepala

Sebuah cedera kepala seringkali memicu trauma di otak yang berkelanjutan hal inilah yang menyebabkan hilangnya memori dan lupa.

3. Konsumsi ganja

Seseorang yang memiliki kebiasaan mengonsumsi ganja akan mengalami kesulitan utuk mengingat apa saja yang terjadi hari ini. Penggunaan ganja menyebabkan gangguan memori dan berpikir, gangguan koordinasi serta kurangnya konsentrasi.

4. Penyakit Alzheimer

Penyakit ini ditandai dengan gejala mudah lupa, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi dan gangguan memori. Selain itu penyakit ini juga menimbulkan kekacauan di otak seseorang sehingga menyebabkan mudah lupa dan kebingungan.

5. Hipotiroid

Suatu kondisi kekurangan tiroid karena tubuh tidak bisa memproduksi hormon tiroid yang cukup dapat mempengaruhi ketidakmampuan seseorang untuk mengingat.

6. Depresi

Kondisi depresi bisa menyebabkan hilangnya minat dalam segala hal sehingga nggak heran jika orang yang depresi seringkali tidak mampu mengingat sesuatu atau lupa. Hal karena ia terganggu oleh pikirannya sendiri akibat perasaan dan kecemasan yang berlebihan. Kegiatan melupakan mantan adalah salah satunya.

Sumber : hai-online.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here