Warga Tanjungbatu Antusias Sambut Ansar Ahmad, Mengarak di Derasnya Hujan

Katakepri.com, Karimun – Kunjungan Gubernur Kepri H Ansar Ahmad SE MM di Tanjungbatu, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun, Selasa (3/9), disambut meriah masyarakat setempat. Di tengah guyuran hujan masyarakat mengarak Gubernur Ansar dengan iringan tetabuh kompang.

Sebelumnya kedatangan Gubernur Ansar disambut dengan atraksi  silat selamat oleh pengurus Lembaga Adat Melayu setempat.

Ratusan warga terlihat memenuhi tenda di Lapangan Pemuda yang berjarak sekitar 200 meter dari pelabuhan.

Kedatangan Gubernur Ansar ke Tanjungbatu merupakan rangkaian kegiatan kunjungan kerja ke Kabupaten Karimun yang berlangsung 2-4 September 2024.

Selain bersilaturahmi bersama masyarakat, Gubernur Ansar dalam kesempatan ini menyerahkan bantuan Pemerintah Provinsi Kepri untuk Kecamatan Kundur. Total anggaran bantuan diserahkan sebesar Rp4,45 miliar. 

Bantuan mulai dari hibah kepada empat rumah ibadah, yakni satu gereja, satu masjid, satu mushala, dan Taman Pendidikan Al Quran dengan total anggaran Rp220 juta.

Di kesempatan ini juga diserahkan insenstif masing-masing Rp2 juta kepada 13 guru Madrasyah Aliyah, dan insenstif masing-masing Rp1,2 juta kepada 71 guru PAUD, RA dan TK.

Diserahkan pula insenstif keagamaan masing-masing sebesar Rp1,2 juta kepada 33 orang guru agama non formal, 7 orang penyuluh non PNS, dan 55 orang pemuka agama tetap.

Gubernur Ansar juga menyerahkan bantuan pembangunan fisik melalui Dinas PUPR yang diserahkan secara simbolis.

Terdapat lima paket pekerjaan dengan total anggaran Rp2,21 miliar di Kecamatan Kundur.

Yakni Pembangunan Jalan Parit Pacitan senilai Rp700 juta, pembangunan Jalan Seratus Sungai Sebesi senilai Rp1 miliar, serta normalisasi saluran sungai di tiga kawasan dengan masing-masing anggaran senilai Rp170 juta.

Proyek normalisasi saluran sungai dilaksanakan di Rt 001 Rw 001 Parit Seratus Desa Sungai Sebesi,  Sungai Sempadan Rt 005 Rw 002 Dusun II Desa Sungai Sebesi, Dan Sungai Rt 002 Rw 002 Dusun II Desa Lubuk.

Selain itu, turut diserahkan bantuan iuran BPJS kepada 37 nelayan. Kemudian bantuan pendidikan di SMAN 1, SMAN 3 dan SMAN 5 Kundur.

Bantuan pendidikan mulai dari bantuan transportasi darat dan laut, bantuan seragam untuk siswa kelas X, pembangunan ruang laboratorium fisika, ruang UKS, ruang OSIS, dan pembangunan ruang bimbingan konseling.

Untuk bantuan kependudukan dan pencatatan sipil, Gubernur Ansar menyerahkan bantuan kepada lurah, LPM, ketua RT dan RW, Posyandu, dan insentif untuk Tim Pendamping Keluarga (TPK).

Lalu ada bantuan masing-masing Rp2 juta kepada 26 personel Babinsa dan 18 personel Bhabinkamtibmas, bantuan pupuk, pestisida, alsintan, dan sarana pertanian kepada tiga Poktan, bantuan operasional penyuluh, bantuan paket alat olahraga serta 
Bantuan untuk Yayasan dan Akademi Sepak Bola Kundur Karimun, boat pancung fiber 42 kaki, serta mesin tempel 250 Pk 4 Tak.

Gubernur Ansar dalam sambutannya berharap bantuan yang diserahkan tempat sasaran dan bermanfaat. 

Gubernur juga menekankan bantuan itu merupakan wujud hadirnya Pemprov Kepri yang senantiasa konsisten mewujudkan pembangunan yang merata. (*)