Ridwan Kamil Resmi Pimpin TKD Prabowo-Gibran di Jawa Barat

Katakepri.com, Jakarta –  Tim Kampanye Nasional atau TKN Prabowo-Gibran resmi menunjuk Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah atau TKD Jawa Barat. Penunjukan Ridwan Kamil diumumkan bersamaan dengan penunjukan Mawardi Yahya dan Airin Rahmi Diani sebagai Ketua TKD di Sumatra Selatan dan Banten.

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, mengatakan penunjukan Ridwan Kamil tak lepas dari posisinya sebagai Mantan Gubernur Jawa Barat dan Mantan Wali Kota Bandung dua periode. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu juga dinilai sebagai tokoh nasional yang memiliki pengaruh dan prestasi luar biasa.

“Bisa diterima di semua lapisan,” kata Nusron di kawasan Kemanggisan, Jakarta, Jumat, 17 November 2023.

Selain itu, Nusron menyatakan Ketua TKD Jawa Barat haruslah orang yang memiliki kapasitas dan kapabilitas besar.

“Karena itu dengan berbagai pertimbangan, kami memutuskan Ketua TKD Jawa Barat adalah Muhammad Ridwan Kamil ST, M.Hum,” ucap Nusron.

Optimis Prabowo-Gibran menang di Jawa Barat

Nusron mengatakan, Jawa Barat merupakan daerah paling krusial dalam Pilpres 2024, karena memiliki jumlah pemilih paling besar kedua di Indonesia.

“Dengan ditetapkannya Ridwan Kamil, kami sangat yakin Jawa Barat akan menjadi lumbung kemenangan Prabowo-Gibran,” ucapnya. 

Kendati begitu, Nusron optimistis Prabowo-Gibran mampu menang telak di Jawa Barat. Selain karena Ridwan Kamil, Jawa Barat merupakan lumbung suara Prabowo dalam Pilpres 2014 dan 2019.

“Pak Prabowo selalu menang pertempuran di Jawa Barat melawan Pak Jokowi,” kata politikus Partai Golkar itu.

Dengan rekonsiliasi Prabowo dan Jokowi, Nusron mengatakan pihaknya berharap Jawa Barat menjadi kunci kemenangan Prabowo-Gibran.

“Kalau Prabowo-Gibran menang telak di Jawa Barat, kami yakin Insya Allah pemilu akan dilaksanakan dalam satu putaran,” ucapnya.

Ridwan Kamil merupakan politikus Partai Golkar yang merupakan bagian dari Koalisi Indonesia Maju, pengusung pasangan Prabowo-Gibran. Ridwan bergabung dengan Partai Golkar sejak Januari 2023 dan langsung mendapatkan posisi sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih dan co-chair Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar.

Bagi Ridwan Kamil, ini bukan pertama kalinya dia menjadi tim pemenangan bagi Prabowo Subianto. Pada Pilpres 2014 dia juga menjadi bagian dari pendukung Ketua Umum Partai Gerindra itu. (Red)

Sumber : tempo.co