Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Terima Kunjungan Edukatif Smp Maitreyawira Tanjungpinang

Katakepri.com, Tanjungpinang – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tanjungpinang menerima kunjungan edukatif sekolah SMP Maitreyawira, Jum’at (25/10/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan profesi pemadam kebakaran serta memberikan edukasi terkait keselamatan dan penanganan kebakaran sejak di bangku sekolah. 

Pelajar tersebut diperkenalkan dengan berbagai peralatan pemadam kebakaran, seperti mobil pemadam, selang air, dan pakaian pelindung petugas. Selain itu, petugas Damkar juga memberikan penjelasan mengenai cara menghubungi layanan darurat serta langkah-langkah yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tanjungpinang, Juliadi Halomoan,S.Pi., melalui Kepala Seksi Pencegahan, Inspeksi dan Pemberdayaan Masyarakat, Helmy Susanto, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya sosialisasi dan edukasi yang sangat penting bagi pelajar, sehingga dapat memahami arti pentingnya keselamatan. 

“Melalui kunjungan ini, kami berharap Putra Putri Pelajar SMP Maitreyawira tidak hanya mengenal profesi kami, tetapi juga memahami pentingnya menjaga keselamatan serta bagaimana bersikap ketika menghadapi situasi darurat,” ujar Helmy. 

Di akhir kegiatan, pelajar SMP diberikan kesempatan untuk mencoba menggunakan beberapa peralatan pemadam kebakaran dengan bimbingan langsung dari petugas Damkar. 

Kegembiraan dan keceriaan terpancar dari wajah mereka ketika  mencoba langsung menggunakan selang pemadam kebakaran. Pihak sekolah yang mendampingi juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, yang dianggap sangat bermanfaat bagi pendidikan pada pelajar di tingkat SMP. 

Dengan adanya kunjungan seperti ini, diharapkan kesadaran akan pentingnya keselamatan dan kesiapsiagaan terhadap kebakaran dapat tertanam sejak usia dini, serta anak-anak dapat lebih memahami peran vital petugas pemadam kebakaran di masyarakat. (Red)