Tim DPK Tanjungpinang Lanjutkan Pemantapan Kearsipan Di Empat OPD

Katakepri.com, Tanjungpinang – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Tanjungpinang kembali melaksanakan pembinaan dan pemantapan kearsipan terhadap empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Selasa (22/10/2024). 

Keempat OPD tersebut adalah Diskominfo, Perkim, Damkar, dan Disbudpar kota Tanjungpinang.

Sebelumnya, DPK juga telah memberikan pembinaan kepada beberapa OPD lainnya, seperti Dishub, DPMPTSP, BPKAD, BPPRD, Dispora, Disnakerkop dan Usaha Mikro, Kecamatan Tanjungpinang Timur dan Bukit Bestari.

Kegiatan pemantapan berlangsung di ruang rapat DPK dan dipimpin langsung Kepala Bidang Kearsipan DPK, Maswito, bersama tim arsiparis DPK, yaitu Yuni Arita, Raja Badariah, Marlinda, Marlina Octavina, Susi Ridayani, Sarinah, Sukmawati, dan Riyanti Handayani.

Setiap OPD diwakili Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Pengelola Arsip di Unit Pengelola (UP) dan Unit Kearsipan (UK), serta arsiparis masing-masing OPD.

Kepala Dinas DPK Tanjungpinang, Meitya Yulianti, menjelaskan meskipun kegiatan ini berlangsung di ruangan sederhana, antusias peserta dari OPD cukup tinggi. 

“Kendati tempatnya sederhana, namun semangat OPD untuk mengikuti pemantapan dan pembinaan arsip tetap tinggi,” ungkap Meitya.

Meitya menambahkan, selain melakukan pembinaan di kantor DPK, tim yang dipimpin Kabid Kearsipan juga telah mengunjungi beberapa OPD, seperti Disdukcapil, PUPR, dan DP3, yang memerlukan pendampingan lebih lanjut. 

“Pembinaan untuk 18 kelurahan dijadwalkan berlangsung minggu depan,” ucapnya.

Kabid Kearsipan DPK, Maswito, menyatakan, setelah pembinaan ini, tim DPK akan menindaklanjuti hasil audit Risalah Hasil Audit Sementara (RHAS) dari tahun lalu di setiap OPD. 

“Jika temuan yang sama masih ditemukan, berarti OPD tersebut kurang merespon atau mengabaikan rekomendasi kami,” tegas Maswito.

Sementara itu, arsiparis dari Damkar, Fungky Farasidini, menyatakan Damkar bertekad untuk meningkatkan nilai RHAS mereka. 

“Tahun ini, kami menargetkan nilai BB (sangat baik) atau A (memuaskan). Doakan kami,” ungkapnya dengan penuh semangat. (Red)