Hujan Tak Surutkan 19 Tim Pelajar SMP Tanjungpinang Unjuk Keterampilan Di Lomba Baris Berbaris Bakesbangpol

Katakepri.com, Tanjungpinang – Meski hujan mengguyur kota Tanjungpinang sejak pagi, para pelajar tetap antusias mengikuti Lomba Kreasi Baris Berbaris (LKBB) tingkat SMP, yang dihelat Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Senin (14/10/2024). 

Digelar di lapangan Pamedan Ahmad Yani, sebanyak 19 tim tampil dengan penuh semangat, menunjukkan keterampilan baris-berbaris di hadapan dewan juri.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemko Tanjungpinang, Thamrin Dahlan, dalam sambutan membuka acara, menyatakan, bahwa generasi muda sebagai penerus pembangunan bangsa harus siap menyongsong Indonesia Emas.

Tantangan ke depan yang dihadapi tidaklah mudah, karena dibutuhkan generasi yang berkualitas, baik secara rohani maupun jasmani. 

“Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kunci untuk menjadi sumber daya manusia yang berkualitas adalah disiplin terhadap diri dan lingkungan,” ujarnya.

Menurut Thamrin, latihan fisik seperti baris berbaris sangat penting untuk menanamkan kedisiplinan dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. 

Ia berharap, lomba ini menjadi wadah bagi pelajar Tanjungpinang untuk mengembangkan potensi diri dan kedisiplinan, sehingga dapat menjadi calon pemimpin yang berkualitas menuju Indonesia yang lebih maju.

“Ikuti lomba ini dengan sungguh-sungguh. Tunjukkan komitmen dan disiplin, serta junjung tinggi sportifitas. Jangan hanya mengejar juara, karena ini adalah bagian dari proses menjadi generasi muda yang berkualitas ke depan,” pesan Thamrin.

Kepala Bakesbangpol Kota Tanjungpinang, Samsudi, menjelaskan kegiatan ini diikuti 19 tim dari pelajar SMP di kota Tanjungpinang. 

Para peserta akan dinilai untuk memperebutkan juara tim terbaik 1-3, serta kategori danton terbaik, putra-putri terbaik, yel-yel dan variasi terbaik, dan kostum terbaik.

“Antusias peserta sangat luar biasa. Kami berharap lomba ini dapat mendorong generasi muda untuk lebih disiplin dan bertanggung jawab,” ujar Samsudi.

Salah satu anggota tim Pondok Pesantren Al Kausar, Andri Maulana, menyambut kegiatan ini dengan antusias. Ia mengaku, lomba baris berbaris ini merupakan pengalaman pertama bagi timnya, dan mereka siap memberikan penampilan terbaik.

“Ini adalah pengalaman pertama kami. Meskipun hujan, kami tetap semangat. Kami siap menunjukkan keterampilan baris berbaris kami,” tuturnya.  (Red)