Plt. Gubernur Marlin Hadiri Pengucapan Sumpah dan Janji Pimpinan DPRD Kepri 2024-2029

Katakepri.com, Tanjungpinang – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepulauan Riau Hj. Marlin Agustina menghadiri rapat paripurna pengucapan sumpah dan janji pimpinan DPRD Provinsi Kepri periode 2024-2029 yang berlangsung di Balairung Raja Khalid, Senin (7/10).

Sebelum pelantikan berlangsung, Ketua dan Wakil Ketua definitif memberikan santunan kepada 1000 anak yatim piatu yang ada di beberapa panti asuhan di Provinsi Kepri, sebuah gestur yang menunjukkan kepedulian dan komitmen mereka terhadap masyarakat.

Dalam suasana khidmat ini, Ketua dan Wakil Ketua DPRD definitif secara resmi dilantik melalui prosesi paripurna, di mana Iman Sutiawan dari Partai Gerindra resmi diangkat sebagai Ketua DPRD. Ia akan didampingi oleh Hj. Dewi Kumala Sari (Golkar) sebagai Wakil Ketua I, Tengku Afrizal Dahlan (NasDem) sebagai Wakil Ketua II dan Bahtiar (PKS) sebagai Wakil Ketua III.

Plt Gubernur Kepri, Marlin Agustina, turut menyaksikan rangkaian pelantikan yang dipimpin oleh Ketua DPRD sementara, Capt Luther Jansen dan Wakil Ketua sementara, Asmin Patros.

Dalam sambutannya, Marlin menegaskan bahwa pengucapan sumpah dan janji ini merupakan langkah awal penting dalam pengabdian para pimpinan DPRD untuk lima tahun ke depan.

“Kami berharap saudara-saudara pimpinan dapat menjalankan amanat rakyat dengan penuh tanggung jawab tanpa mengutamakan kepentingan pribadi,” kata Marlin.

Lebih lanjut, Marlin menekankan bahwa menyerap aspirasi masyarakat merupakan tugas yang tidak mudah. Namun, ia percaya bahwa pimpinan DPRD Kepri terpilih mampu menjadi perwakilan yang efektif dalam menjahit aspirasi masyarakat ke dalam kebijakan-kebijakan yang bermanfaat bagi kemajuan daerah.

“DPRD harus mampu mengedepankan kolaborasi antara berbagai elemen masyarakat, pemerintah dan aparat keamanan seperti TNI dan Polri,” lanjut Marlin.

Terakhir, Atas nama Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Marlin mengucapkan selamat kepada pimpinan DPRD yang baru dilantik. “Kami optimis, dengan kerja sama yang baik, DPRD Kepri akan membawa provinsi ini ke arah yang lebih baik dan sejahtera,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua DPRD definitif Iman Sutiawan mengapresiasi kepemimpinan sementara yang telah menjalankan tugasnya dengan baik. Iman juga berharap, dengan terbentuknya kepemimpinan baru, DPRD Kepri akan mampu menghasilkan kebijakan-kebijakan yang bermanfaat langsung bagi masyarakat, serta menjadi jembatan yang kuat antara pemerintah dan rakyat.

“Kita harus saling bahu-membahu dan bersama-sama bekerja keras demi kemajuan Provinsi Kepulauan Riau yang kita cintai ini,” ujar Iman. 

Turut hadir dalam Rapat Paripurna ini, Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Adi Prihantara, Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah, para pimpinan FKPD Kepri, Danrem 033 WP, Pankogabwilhan, Kepala BIN Kepri, H Ansar Ahmad, SE. MM, Amsakar Ahmad dan Tokoh Masyarakat dan Agama Kepri. (*)