Borong 5 Piala, Sanggar Seni Bintan Telani Tanjungpinang Juara Dua Nasional Di Parade Tari Nusantara Ke-40

Katakepri.com, Tanjungpinang – Tim Tari Kepulauan Riau (Kepri) berhasil membawa pulang lima piala dalam Parade Tari Nusantara ke-40 yang digelar di Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (6/10/2024). 

Event yang bekerja sama dengan Kemendikbud ini, diikuti 14 provinsi yang bersaing dalam menampilkan keindahan budaya Nusantara melalui gerak, warna, dan musik daerah.

Sanggar seni Bintan telani Tanjungpinang berhasil meraih tiga piala non-peringkat dalam kategori penata rias busana, penata musik, dan penata tari. 

Selain itu, mereka juga meraih dua piala unggulan dalam kategori penata rias busana dan kategori 10 penyaji terbaik parade tari nusantara 2024.

Dalam kompetisi ini, kota Tanjungpinang mewakili Kepri di tingkat nasional, di mana setiap provinsi mengirimkan satu tim. Sanggar seni Bintan telani berhasil meraih juara kedua secara nasional.

Usai mendampingi tim Kepri menerima piala, Kepala Bidang Adat Tradisi, Nilai Budaya, dan Kesenian, Dewi Kristina Sinaga, menjelaskan sanggar seni Bintan Telani mewakili Kepri setelah berhasil melalui seleksi di tingkat kota Tanjungpinang dan provinsi Kepri.

Sanggar seni ini, meraih juara pertama di tingkat kota dalam even gawai seni dan juga juara pertama dalam parade tari di tingkat provinsi.

“Alhamdulillah, tim tari Kepri berhasil meraih juara dua di tingkat nasional. Semoga prestasi ini menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus mencintai dan melestarikan budaya daerah,” ucap Dewi. 

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tanjungpinang, Muhammad Nazri, memberikan apresiasi atas prestasi sanggar seni Bintan telani. 

“Kami sangat bangga. Ini merupakan bukti kekayaan budaya Kepri dapat bersaing di tingkat nasional,” tuturnya.

Nazri juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Kebudayaan Kepri yang telah mendukung tim tari Tanjungpinang untuk mengikuti lomba parade tari Nusantara 2024.

“Kami ucapkan terima kasih. Alhamdulillah, sanggar Bintan telani yang terpilih dari Tanjungpinang berhasil membawa nama harum provinsi Kepri di kancah nasional,” ucapnya. (*)