Hujan Deras Tak Halangi Ansar Bersilaturahmi dengan Masyarakat Selat Gelam Karimun

Katakepri.com, Karimun – Hujan deras yang berlangsung Selasa (3/9) pagi tidak menghalangi Gubernur Kepri Ansar Ahmad menemui masyarakat Kecamatan Selat Gelam, Kabupaten Karimun.

Bertempat di lapangan Desa Parit, Gubernur Ansar beserta rombongan bersilaturahmi sekaligus menyerahkan bantuan Pemerintah Provinsi Kepri yang dikhususkan untuk Kecamatan Selat Gelam.

Total bantuan diserahkan Gubernur Ansar mulai dari bantuan fisik, bantuan iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk nelayan, bantuan pendidikan, Dukcapil, kesehatan, pertanian, dan sarana ohraga dengan total anggaran Rp1,85 miliar.

Bantuan diserahkan di bawah tenda di suasana hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut.

“Semoga hujan ini membawa berkah untuk kita semua,” ujar Gubernur Ansar mengawali sambutannya.

Dalam kesempatan ini Gubernur Ansar memaparkan sejumlah program strategis yang telah, serta yang akan dilaksanakan. Mulai dari pembangunan dua rumah singgah bagi keluarga pasien di Jakarta dan Kota Batam, bantuan pendidikan, peningkatan layanan kesehatan, hingga pembangunan fisik.

Menurut Gubernur, geografis Kepri dengan rentang kendali yang jauh, serta keterbatasan APBD menuntut Pemprov Kepri untuk konsisten bekerja keras, kreatif dan berinovasi.

“Anggaran yang terbatas tentu tidak menjadi penghalang untuk tetap melaksanakan pembangunan yang memang sangat dibutuhkan masyarakat,” ujar Gubernur.

Salah satu cara dilakukan disebut Gubernur adalah dengan menjolok dana dari APBN serta sumber-sumber pendanaan yang sah lainnya.

“Rentang kendali dan terbatasnya anggaran ini tentu tidak menghalangi pembangunan yang merata di semua kabupaten/kota yang ada,” sebut Gubernur Ansar.

Adapun bantuan diserahkan Gubernur Ansar untuk Kecamatan Selat Gelam berupa dua paket pekerjaan pembangunan fisik melalui Dinas PU dengan total anggaran sebesar Rp1,78 miliar. 

Pembangunan fisik dimaksud berupa penataan Taman Burung Pulau Tulang (Mini Zoo) Tanjung senilai Rp850 juta (tahun 2023) dan penataan lanjutan Taman Burung Pulau Tulang (Mini Zoo) Tanjung senilai Rp930 juta yang dilaksanakan tahun 2024 ini.

Gubernur juga menyerahkan bantuan iuran BPJS Ketenagakerjaan senilai Rp201,6 ribu kepada satu orang nelayan setempat.

Dalam kesempatan ini, juga diserahkan SK Gubernur Kepri tentang Pendirian SMAN 1 Selat Gelam sekaligus peresmian pembukaan sekolah tersebut.

Selain itu, Gubernur juga menyerahkan batuan Kependudukan dan Pencatatan Sipil senilai Rp67,5 juta. Terbagi berupa bantuan senilai Rp5 juta untuk satu LPM. 

Kemudian bantuan senilai Rp6 juta kepada satu Kepala Desa, bantuan senilai Rp8 juta kepada BPBD, bantuan masing-masing senilai Rp1,5 juta kepada 13 Ketua RT, bantuan senilai Rp9 juta kepada enam 
Ketua RW, bantuan masing-masing Rp4 juta kepada empat posyandu, dan bantuan isentif senilai Rp1,2 juta untuk 3 orang Tim Pendamping Keluarga (TPK).

Selain itu, juga diserahkan bantuan pupuk, pestisida, alsintan, dan sarana pertanian kepada satu kelompok tani, bantuan operasional kepada penyuluh senilai Rp2,4 juta, dan bantuan paket alat olahraga kepada satu penerima. (*)