Sambut HUT Ke-79 RI, Diskominfo Dan DWP Gelar Semarak Kemerdekaan Dengan Berbagai Perlombaan Tradisional

Katakepri.com, Tanjungpinang– Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tanjungpinang berkolaborasi dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Diskominfo menggelar acara Semarak Kemerdekaan, di lapangan gedung perkantoran 5 lantai Pemko Tanjungpinang, Senggarang, Kamis (15/08/2024).

Acara yang dihadiri pegawai dan anggota DWP ini berlangsung meriah dengan berbagai perlombaan tradisional yang mengedepankan semangat kebersamaan dan gotong royong.

Kepala Diskominfo Kota Tanjungpinang, Teguh Susanto, S.T., dalam sambutannya menyampaikan peringatan HUT Kemerdekaan RI bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga momen untuk merenungkan kembali perjuangan parapahlawan.

“Peringatan Hari Kemerdekaan adalah kesempatan berharga bagi kita semua untuk merenungkan semangat juang para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi kemerdekaan bangsa ini,” ujar Teguh.

Ia menegaskan sebagai generasi penerus, kita memiliki tanggung jawab untuk melanjutkan perjuangan tersebut melalui karya dan kontribusi bagi kemajuan daerah dan bangsa. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, kebersamaan, serta semangat gotong royong dalam membangun Kota Tanjungpinang yang lebih baik,” kata Teguh. 

Tema perayaan tahun ini mengaskan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam menghadapi tantangan serta semangat inovasi untuk memajukan bangsa.

Untuk itu, Teguh menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan. 

“Semoga semarak kemerdekaan ini menjadi momen untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan sinergi antar seluruh elemen masyarakat dan pemerintah Kota Tanjungpinang,” ucapnya.

Teguh mengajak semua untuk bersama-sama mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif demi kemajuan bangsa dan negara. 

“Dirgahayu Republik Indonesia, teruslah berkibar merah putih di langit nusantara,” serunya.

Sementara itu, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Diskominfo Kota Tanjungpinang, Raja Icha Husnita, S.Kep, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada seluruh panitia dan pihak-pihak yang telah bekerja keras menyukseskan acara ini. 

“Semangat kebersamaan dan gotong royong yang ditunjukkan dalam persiapan acara ini adalah cerminan dari nilai-nilai yang diwariskan oleh para pendahulu kita. Semoga kegiatan ini dapat mempererat silaturahmi di antara kita, serta meningkatkan rasa cinta kita terhadap negara dan bangsa,” ungkapnya.

Salah satu staf Diskominfo, Awang, juga mengungkapkan kesannya terhadap kegiatan ini. Menurutnya, lomba memasukkan paku ke dalam botol menjadi salah satu yang paling menantang namun juga paling seru. 

“Lomba ini memang terlihat sederhana, tetapi sangat membutuhkan kebersamaan dan kerja sama yang baik antar tim. Saya sangat menikmati kegiatan ini karena selain menghibur, juga mempererat rasa persaudaraan di antara kami,” ucapnya.

Rangkaian perlombaan meliputi lomba estafet pipet/karet, gigit sendok bola pingpong, makan kerupuk, jepitan sedotan, memasukkan paku dalam botol, topi cantol, hingga joget terheboh, yang memperebutkan hadiah spesial dari Kadiskominfo dan Ketua DWP Diskominfo Tanjungpinang. 

Kegiatan ini berlangsung meriah dengan canda tawa, namun tetap menjaga semangat kebersamaan. (Red)