Rakerda Dekranasda Kepri 2024 Resmi Dibuka, Momen Satukan Visi Misi dan Sinergi

Katakepri.com, Tanjungpinang – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024 telah resmi dibuka dan dilaksanakan pertama kali di Gedung Baru Dekranasda Creative Space yang baru diresmikan oleh Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, pada Sabtu (3/8) lalu.

Rakerda ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Dewan Kerajinan Nasional Ir. Reni Yanita, M.Si, pada Ahad (4/8). Acara ini dihadiri langsung oleh Ketua Dekranasda Kepulauan Riau, Dewi Kumalasari Ansar, Ketua TP-PKK Tanjungpinang Efa Sri Nurlatifah, Ketua Dia Ardya Garini Rehan Andi Nur Abadi, Ketua Jalanastri Armada 1 yang diwakili oleh Yusni Sunarto, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana 033/WP Penny Jimmy Watusuke serta seluruh pengurus Dekranasda Kepulauan Riau.

Dalam sambutannya, Reni Yanita menekankan pentingnya peran Dekranasda dalam mendukung pengembangan industri kerajinan daerah. “Dekranasda harus menjadi motor penggerak dalam memajukan industri kreatif lokal, yang tidak hanya meningkatkan ekonomi masyarakat, tetapi juga melestarikan budaya dan kearifan lokal,” kata Reni.

Selain itu, Reni Yanita juga meminta kepada seluruh pengurus Dekranasda Kepri untuk terus berinovasi dan bersinergi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, pelaku usaha dan komunitas kreatif. “Kolaborasi yang baik akan menghasilkan produk-produk unggulan yang mampu bersaing di pasar nasional maupun internasional,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kepulauan Riau, Dewi Kumalasari Ansar, menyampaikan apresiasi atas kehadiran Sekjen Dewan Kerajinan Nasional, Ir. Reni Yanita, M.Si, yang memberikan dukungan pada acara ini. “Momentum Rakerda Dekranasda pada tahun ini sangat istimewa karena dihadiri oleh Sekjen Dewan Kerajinan Nasional. Kami mengucapkan terima kasih atas kesempatannya untuk dapat menghadiri acara ini,” ujarnya.

Dewi Ansar juga mengapresiasi kerja keras rekan-rekan Dekranasda Provinsi Kepulauan Riau serta pimpinan dan pengurus Dekranasda Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau yang hadir. “Rakerda Dekranasda Provinsi Kepulauan Riau kali ini menjadi suatu momentum yang lebih konstruktif dan produktif dengan kehadiran Gedung Dekranasda Provinsi Kepulauan Riau yang baru. Dari wadah representatif ini kita juga membentuk suatu manajemen sistem yang profesional,” lanjutnya.

Kemudian, Dewi Ansar menyampaikan bahwa Rakerda ini merupakan momen penting untuk menyatukan visi dan misi serta memperkuat sinergi antar pengurus Dekranasda di seluruh Kepulauan Riau. Melalui Rakerda Dekranasda ini, Dewi Ansar juga mengajak seluruh peserta untuk menyusun program-program yang dapat menjawab tantangan sehingga peran Dekranasda dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya di masa mendatang.

“Melalui Rakerda ini, kita dapat menyusun strategi yang efektif untuk memajukan industri kerajinan di daerah kita, sehingga mampu berkontribusi secara signifikan terhadap perekonomian lokal,” ujarnya.

Terakhir, Dewi Ansar sangat optimis bahwa percepatan misi-misi program Dekranasda akan terwujud dengan adanya MoU yang telah ditandatangani saat peresmian gedung. MoU tersebut melibatkan berbagai pihak, termasuk ASITA DPD Provinsi Kepulauan Riau, DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Kepulauan Riau, PT. Bintan Resort Cakrawala (BRC), Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Kepulauan Riau, Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Provinsi Kepulauan Riau, Insan Pariwisata Indonesia (IPI) DPD Provinsi Kepulauan Riau, Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) Provinsi Kepulauan Riau, Badan Promosi Pariwisata Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Asosiasi Pariwisata Nasional (ASPARNAS) Provinsi Kepulauan Riau dan Asosiasi Pariwisata Bahari Indonesia Provinsi Kepulauan Riau.

“Hal ini menandakan bahwa Gedung Dekranasda telah menjadi suatu destinasi baru. Tantangan kita bukan hanya tentang bagaimana cara memasarkan, tetapi juga bagaimana menyiapkan kualitas produk yang baik dan keberlanjutan produksinya serta memperhatikan sumber bahan baku,” tegasnya.

Rakerda Dekranasda 2024 ini ditutup dengan Ketua Dekranasda Kepri Dewi Ansar mendampingi Sekjen Dekranas Reni Yanita untuk melihat kerajinan-kerajinan Wastra Kepri yang ditampilkan. Mereka juga menyaksikan Pelatihan Keterampilan Teknis Kerajinan Tangan – P??? Kerajinan Kulit Kerang Dan Sisik Ikan. (*)