Program DP3APM Tanjungpinang Menarik Kaji Tiru dari Kabupaten Tapin

Katakepri.com, Tanjungpinang – Program dan kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang telah menarik perhatian Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Sebanyak 86 orang kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan anggota organisasi wanita Kabupaten Tapin melakukan kunjungan kaji tiru ke kantor DP3APM Kota Tanjungpinang, Rabu (24/7/2024).

Rombongan yang dipimpin Penjabat (Pj.) Ketua TP PKK Kabupaten Tapin, Masrupah Syarifudin, disambut hangat oleh Kepala DP3APM Kota Tanjungpinang, Bambang Hartanto bersama jajarannya, di kantor UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak Kota Tanjungpinang.

Dalam sambutannya, Bambang Hartanto mengucapkan selamat datang kepada seluruh rombongan dan berharap kunjungan ini memberikan pengalaman dan pengetahuan baru bagi kabupaten Tapin.

“Selamat datang di kota Tanjungpinang. Kami berharap Bapak Ibu betah di sini dan kunjungan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi daerah Tapin,” ujar Bambang.

Bambang kemudian memaparkan berbagai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan DP3APM Tanjungpinang dalam upaya pemberdayaan perempuan dan anak. 

Ia menjelaskan mengenai UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak, Rumah Perempuan Mandiri, serta program-program perlindungan perempuan dan anak lainnya yang telah berhasil dijalankan.

“Ini semua bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan dan anak di kota Tanjungpinang,” pungkasnya.

Selain itu, Bambang juga mendatangkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk menjelaskan secara detail program ekonomi kreatif dan pariwisata di Tanjungpinang. Untuk kunjungan wisata ke pulau Penyengat, ia memastikan bahwa lurah dan tim siap menyambut dan memandu rombongan.

“Kami telah menyiapkan tim yang akan memandu Bapak Ibu untuk berwisata di pulau bersejarah kami, Penyengat,” tambahnya.

Bambang berharap program dan kegiatan yang telah dijalankan DP3APM Tanjungpinang dapat menjadi acuan bagi Kabupaten Tapin. 

“Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat, sehingga dapat membangun lebih baik sesuai dengan cita-cita yang diharapkan dari hasil kunjungan ini,” harap Bambang.

Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Tapin, Masrupah Syarifudin, menyampaikan kunjungan ini selain untuk bersilaturahmi, juga bertujuan untuk belajar lebih banyak mengenai program peningkatan ekonomi dan kesejahteraan keluarga melalui pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif perempuan di DP3APM Tanjungpinang.

Setelah mendengarkan pemaparan program dan kegiatan, Masrupah melihat banyak program yang belum ada di kabupaten Tapin, seperti jambore anak, musrenbang anak, kongres wanita, dan rumah perempuam mandiri.

“Alhamdulillah, kami dari gabungan organisasi wanita dan SKPD banyak mendapatkan ilmu yang bisa kami terapkan. Banyak program yang tidak ada di Tapin. Apa yang kami dapatkan di Tanjungpinang bisa kami terapkan dan kembangkan di daerah kami,” ujar Masrupah.

Masrupah juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala DP3APM beserta jajarannya atas sambutan yang luar biasa. 

“Kami ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas sambutan yang luar biasa dan informasi yang bermanfaat bagi daerah kami. Mudah-mudahan kunjungan ini berkelanjutan dan membawa dampak positif bagi kita semua,” tutupnya.

Selama kunjungan dua hari, 24-25 Juli 2024, rombongan akan berkesempatan mengunjungi Pulau Penyengat dan menikmati wisata kuliner di Tanjungpinang. (*)