Mahasiswa UGM Berbagi Ilmu Kebencanaan Dengan BPBD Tanjungpinang Melalui KKN-PPM

Katakepri.com, Tanjungpinang – Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Kelurahan Senggarang dan Kampung Bugis, Kota Tanjungpinang selama 50 hari, dimulai 1 Juli hingga 19 Agustus 2024.

Salah satu kegiatan KKN-PPM UGM adalah kunjungan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanjungpinang, dengan tujuan memperkuat kerja sama antara lembaga akademik dan pemerintah daerah dalam upaya penanggulangan bencana.

Mahasiswa yang berkunjung berasal dari jurusan Teknik Geologi, Teknik Geodesi, Pembangunan Wilayah, dan Pengelolaan Hutan.

Mereka mengadakan empat sesi selama kegiatan ini yaitu studi bencana alam daerah Tanjungpinang dalam ruang lingkup teknik geologi, aplikasi citra dan penginderaan jauh dalam mitigasi bencana, pemaparan terkait peta rawan bencana, dan mitigasi pohon tumbang dengan tema darurat pohon tumbang.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Tanjungpinang, Muhammad Yamin, menyambut baik kegiatan KKN ini dan menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan mahasiswa UGM ke BPBD Tanjungpinang.

“Pengetahuan dan keterampilan yang dibagikan oleh mahasiswa UGM sangat bermanfaat dalam meningkatkan kapasitas BPBD untuk menghadapi berbagai jenis bencana, terutama di kota Tanjungpinang,” ujar Yamin, Rabu (17/7/2024). (Red)