Sekda Batam : Pembangunan Ekonomi Harus Sentuh UMKM

Katakepri.com, Batam – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. membuka Roadshow Kewirausahaan Menuju UMKM Naik Kelas di Kecamatan Belakangpadang, yang bertempat di Lang-Lang Laut, Kelurahan Tanjungsari pada Kamis (4/7/2024).

Acara ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kemampuan UMKM untuk naik kelas, yang digagas oleh PLUT Dinas Koperasi dan Usaha Mikro.

Dalam sambutannya, Jefridin menekankan pentingnya pengetahuan masyarakat Batam dalam bidang kewirausahaan untuk meningkatkan ekonomi keluarga melalui peningkatan kapasitas UMKM.

“Sebagai Sekda dan Ketua TAPD, saya ditugaskan untuk memastikan bahwa pembangunan tidak hanya bersifat fisik tetapi juga menyentuh aspek pembangunan manusia,” ujarnya.

Inisiatif ini merupakan arahan Ketua TP PKK Kota Batam, Marlin Agustina yang meminta Dinas Koperasi dan Usaha Mikro untuk lebih proaktif dalam memberikan informasi dan bimbingan kepada pelaku usaha di tingkat kecamatan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha di Kota Batam. Hingga kini, kita sudah mencapai kecamatan ke-11 dari total 12 kecamatan,” tambah Jefridin.

Pada kegiatan ini, pelaku usaha di Belakangpadang akan mendapatkan berbagai bentuk bantuan, mulai dari legalitas usaha, izin, input Nomor Induk Berusaha (NIB), sertifikasi halal, sertifikasi produksi pangan industri rumah tangga, hingga permodalan. Narasumber dari berbagai lembaga seperti Bank Riau Kepri Syariah, BPJS, dan Pegadaian turut hadir untuk membantu mengatasi masalah yang dihadapi oleh pelaku usaha.

“Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memastikan usaha kita terus meningkat dan dapat naik kelas,” tutup Jefridin. (Red*)