Disbudpar Tanjungpinang Siap Gelar Festival Silat Serumpun 2024

Katakepri.com, Tanjungpinang – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tanjungpinang siap menggelar Festival Silat Serumpun 2024, di pelataran Tugu Sirih, Kawasan Gurindam 12, mulai Kamis (4/7) besok hingga 6 Juli mendatang.

Festival ini merupakan kolaborasi antara Disbudpar dengan Hulubalang Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepulauan Riau (Kepri) Kota Tanjungpinang untuk menjaga dan melestarikan budaya silat tradisional, khusunya silat Melayu Kepulauan Riau.

Kepala Disbudpar Kota Tanjungpinang, Muhammad Nazri, mengatakan bahwa festival silat serumpun ini akan diikuti sekitar 60 pesilat dan pawai pendekar, yang akan diramaikan 280 orang dari perguruan silat di Tanjungpinang.

“Kami juga mengundang delegasi dari Malaysia dan Singapura untuk turut serta dalam acara ini,” kata Nazri, Rabu (3/7/2024).

Festival ini akan menampilkan berbagai kompetisi silat, dengan kategori lomba yaitu parade silat, silat perorangan, silat berpasangan, dan silat bercerita. 

Nazri mengajak masyarakat untuk turut hadir dan menyaksikan kehebatan serta keindahan pertunjukan silat serumpun yang akan dihadirkan dalam festival ini.

“Ayo ramaikan festival silat serumpun ini dan bersama-sama kita lestarikan kekayaan budaya silat Kepulauan Riau,” ajak Nazri

Lebih lanjut, Nazri berharap festival ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi silat, tetapi juga sebagai momentum untuk mempererat tali silaturahim serta mempromosikan kekayaan budaya silat Kepulauan Riau kepada masyarakat luas. (Red)