Harapan Presiden Jokowi dan Prabowo di Hari Buruh Internasional 2024

Katakepri.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto memberikan ucapan selamat Hari Buruh Internasional 2024, sekaligus menyampaikan harapannya.

Presiden Jokowi mengajak semua pihak untuk meneruskan semangat perjuangan buruh dalam mencapai keadilan dan kesejahteraan.

Hal itu disampaikan Presiden dalam akun media sosial Instagram @jokowi bertepatan dengan peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei, yang dipantau di Jakarta, Rabu, 1 Mei 2024

“Mari kita teruskan semangat juang para buruh untuk mencapai keadilan dan kesejahteraan bersama,” seru Presiden Jokowi, seperti dikutip dari Antara.

Kepala Negara menekankan setiap pekerja adalah pahlawan sehari-hari yang menjaga roda perekonomian terus berputar. “Selamat Hari Buruh Internasional,” ucap Jokowi.

Harapan Prabowo

Sementara Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto berharap agar seluruh pekerja termasuk kaum buruh dapat semakin maju dan sejahtera. Hal ini disampaikan dia melalui sebuah video, bertepatan dengan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei setiap tahunnya. 

Dalam video tersebut, Prabowo terlihat berada di ruang kerjanya. Dia mengenakan kemeja berwarna biru.

“Saya Prabowo Subianto mengucapkan selamat Hari Buruh nasional, 1 Mei 2024. Semoga seluruh pekerja di Indonesia dan keluarga besar buruh semakin maju, semakin sejahtera, semakin kompak bersatu untuk bersama-sama berjuang menuju Indonesia Emas,” ujar Prabowo, seperti dikutip dari Tempo.

Ketua Umum Partai Gerindra itu pun mengajak seluruh rakyat, termasuk seluruh kaum buruh, untuk turut serta membangun masa depan gemilang dengan mewujudkan Indonesia Emas.

“Mari kita bangun masa depan yang lebih baik untuk seluruh warga negara Indonesia, semua pekerja, semua buruh dan keluarganya,” tuturnya. 

Hal ini, kata Prabowo, agar para penerus bangsa bisa merasakan Indonesia yang lebih baik. “Agar anak-anak dan cucu-cucu kita mengalami Indonesia Emas yang lebih hebat lagi,” ucap dia.

Sebelumnya, Partai Buruh meminta presiden terpilih Prabowo Subianto untuk memperhatikan tuntutan para buruh dalam membentuk kebijakan.

Menurut Presiden Partai Buruh sekaligus Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, Prabowo bisa mulai mendengarkan tuntutan kaum buruh dalam aksi demonstrasi Hari Buruh yang akan digelar 1 Mei 2024.

Iqbal mengungkapkan ada dua isu utama yang akan diusung dalam aksi Hari Buruh tahun ini. Yaitu, mencabut Omnibus Law UU Cipta Kerja hingga menghapus praktek outsourcing dan upah murah.

“Melalui momentum Hari Buruh Internasional ini, Partai Buruh dan KSPI berharap presiden Republik Indonesia terpilih yaitu Bapak Jenderal (Purn) Prabowo Subianto dalam kebijakannya memperhatikan dua isu utama tersebut,” kata Said Iqbal dalam keterangan tertulis pada Jumat, 26 April 2024.

Hari Buruh Internasional atau yang dikenal dengan sebutan May Day diperingati setiap tanggal 1 Mei dan merupakan perayaan buruh dan kelas pekerja untuk mengingatkan sejarah panjang kaum buruh dalam memperjuangkan hak-haknya. (Red)

Sumber : tempo.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here