Nyeri Pinggang Bisa Jadi Tanda Awal Batu Ginjal!

Katakepri.com, Jakarta – Nyeri pinggang adalah gejala yang seringkali mengganggu dan dapat mengindikasikan berbagai kondisi kesehatan, termasuk batu ginjal. Penyakit ini sendiri merupakan penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia karena berbagai macam faktor, salah satunya adalah faktor geografis.

Meskipun demikian, batu ginjal sering kali tidak mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat lantaran cenderung tidak menimbulkan gejala yang signifikan pada pada fase awal. Padahal, gejala sederhana seperti nyeri pinggang dapat mengindikasikan adanya batu ginjal baik pada pria maupun wanita.

Dokter spesialis urologi dari RS Royal Progress (RSRP), dr Endrika Noviandrini, SpU menjelaskan bahwa gejala sederhana seperti nyeri pinggang patut diwaspadai meskipun tidak selalu menjadi gejala batu ginjal.

“Salah satu gejala yang paling sederhana kita rasakan itu kan nyeri pinggang. Tapi nyeri pinggang itu tidak bisa dibedakan antara itu nyeri pinggang karena otot, ataukah nyeri pinggang karena batu di saluran kemih. Jadi nggak ada salahnya untuk periksa sebenarnya,” kata dr Endika dalam perbincangan dengan detikcom, Kamis (08/09/2023).

Ia menyarankan, jika seseorang mengalami nyeri pinggang sebaiknya melakukan pemeriksaan USG karena gejala tersebut sulit dibedakan dengan nyeri pinggang biasa. Pemeriksaan dini juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kondisi lebih parah yang lebih sulit untuk diobati.

“Jadi biasanya kata kuncinya kalau misalnya otot, begitu berubah posisi itu biasanya agak lebih nyaman. Tapi kalau batu ginjal yang posisinya nggak menyumbat pun kadang seperti itu, hilang timbul keluhannya. Jadi kalau ada keluhan nyeri pinggang sudah mulai dengan USG sebelum nanti jatuh ke fase yang lebih sulit misalnya sudah ada demam, sudah ada nyeri kencing, sudah ada nyeri berdarah, kencingnya berdarah itu lebih berbahaya,” ungkapnya.

Batu ginjal dalam ukuran kecil memang tidak menimbulkan gejala. Namun, batu ginjal bisa bertambah besar dan tersangkut di area saluran urin sehingga akan menyebabkan rasa nyeri hebat di bagian pinggang.

Batu ginjal juga dapat menyebabkan gejala lain, seperti:

rasa nyeri ketika buang air kecil
rasa sakit di area perut yang tidak kunjung hilang
kencing darah yang ditandai dengan perubahan warna urine menjadi merah, merah muda, atau cokelat
demam

Sumber : detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here