Usai Bertemu Prabowo, Gibran Penuhi Panggilan PDIP

Katakepri.com, Jakarta – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memenuhi panggilan Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, hari ini. Berdasarkan pantauan Tempo, Gibran tiba di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, sekitar pukul 10.25 WIB.

Gibran langsung masuk ke dalam kantor PDIP. Sejumlah jurnalis yang meliput agenda tersebut awalnya tak diperbolehkan mendekat dan hanya diperbolehkan di luar pagar. Jurnalis baru boleh masuk ke halaman kantor PDIP setelah Gibran tiba dan masuk ke dalam.

Pemanggilan setelah dukungan Relawan Jokowi-Gibran ke Prabowo

Pemanggilan Gibran dilakukan setelah dirinya bersua dengan bakal calon presiden (Bacapres) sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Kota Solo pada Jumat malam, 19 Mei 2023 lalu. Usai persamuhan itu, kelompok relawan Jokowi-Gibran kemudian menyampaikan dukungan kepada Prabowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Korlap Relawan Jokowi-Gibran Kuat Hermawan mengungkapkan ada 15 korlap relawan yang mewakili 100 relawan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ia menjelaskan, konsolidasi relawan bahkan telah mulai dilakukan sebelum lebaran 2023.

“Ini soal sikap. Dari konsolidasi yang dilakukan kemarin, kawan-kawan di Jateng dan Jatim menyampaikan inspirasi kepada kami bahwa 90 persen dukungan (capres) ditujukan kepada Pak Prabowo dan kita pun mengambil sikap untuk mendukung Pak Prabowo,” ujar Kuat dalam pertemuan itu. 

Prabowo mengaku kaget atas dukungan tersebut. Ia mengaku pertemuannya dengan putra sulung Presiden Jokowi tersebut hanya untuk menjalin silaturahmi karena mereka bersahabat. Namun saat ia datang, justru disambut oleh para relawan yang kemudian menyatakan dukungan untuknya.

“Saya terus terang saja agak terdadak. Saya kaget sebab maksud saya datang ke Solo hari ini hanya sekadar melanjutkan ikatan silaturahmi, persahabatan saya dengan Mas Gibran, yang juga sudah datang ke tempat saya di Hambalang dan selanjutnya,” ungkap Menteri Pertahanan tersebut. 

Menurut Prabowo, dukungan dari para relawan itu menjadi suatu kehormatan sekaligus tantangan untuk memenuhi harapan mereka. 

Gibran sempat tepis pemanggilannya terkait pertemuan itu

Gibran pun sempat menepis anggapan bahwa pemanggilan dirinya hari ini sebagai teguran atas pertemuan tersebut. 

“Bukan teguran, tapi saya hari Senin pagi menghadap ke DPP,” kata Gibran di Solo, Sabtu, 20 Mei 2023.

PDIP sebelumnya telah mendukung Ganjar Pranowo sebagai Bacapres. Meskipun demikian, suara relawan Jokowi terbelah. Sebagian mendukung Ganjar, sementara sebagian lainnya mendukung Prabowo. Bahkan, hasil Musyawarah Rakyat (Musra) yang diserahkan ke Jokowi pekan lalu menyebut Prabowo sebagai Bacapres dengan dukungan paling tinggi. (Red)

Sumber : tempo.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here