Tanda-tanda Ajal Sudah Dekat Menurut Medis

Katakepri.com, Jakarta – Setiap makhluk akan menghadapi kematian atau ajal. Secara medis, orang yang mau meninggal mengalami perubahan atau kondisi yang tidak wajar.

Meski tidak terlalu spesifik, tanda umum orang yang mendekati ajalnya bisa muncul beberapa bulan sebelum meninggal. Biasanya hal tersebut kerap terjadi pada orang yang mengidap penyakit berat.

“Seseorang mungkin merasa lelah dan lelah sepanjang waktu, sehingga mereka tidak meninggalkan tempat tidur mereka,” demikian penjelasan dalam WebMD, mengacu pada paparan dr DerSarkissian.

Tanda Orang Mau Meninggal Menurut Medis
Terdapat ciri-ciri tertentu ketika seseorang akan mendekati ajalnya. Dikutip dari Mirror, berikut adalah ciri-cirinya:

1. Tidak Nafsu Makan
Ciri-ciri orang mau meninggal yang pertama yaitu memiliki napsu makan yang jauh lebih kecil. Beberapa di antaranya juga mengalami mulut kering lantaran tidak mengonsumsi makanan.

“Mungkin terlalu banyak usaha untuk makan dan minum. Jika demikian, Anda dapat menawarkan seteguk atau gigitan kecil, asalkan mereka sadar dan masih bisa menelan,” tulis Charity Hospice UK.

“Anda juga dapat membantu seseorang dengan mulut kering dengan menawarkan minuman melalui sedotan, membasahi mulutnya dengan spons basah, memasukkan es batu ke dalam mulutnya, atau mengoleskan lip balm,” lanjutnya.

2. Kesulitan bernapas
Kesulitan saat bernapas atau sesak napas rupanya menjadi salah satu ciri orang mau meninggal yang umum terjadi. Secara perlahan, saat orang mendekati ajalnya kecepatan napasnya akan menurun. Akibatnya, napas seperti terengah-engah bahkan hingga akhirnya berhenti.

3. Selalu Mengantuk
Hospice UK menyebut orang yang akan menghadapi ajalnya cenderung sering mengantuk bahkan ketika mereka terbangun.

“Mereka mungkin juga masuk dan keluar dari kesadaran. Beberapa orang menjadi tidak sadar sama sekali untuk beberapa waktu sebelum mereka meninggal. Ini bisa untuk waktu yang singkat atau selama beberapa hari,” ungkapnya.

4. Gelisah
Kebingungan atau agitasi seperti rasa gelisah pada beberapa orang bisa menjadi salah satu tanda orang yang mau meninggal. Ini disebabkan oleh perkembangan penyakit, kurangnya oksigen yang mencapai otak, atau obat-obatan.

5. Perubahan Kulit
Menurut Hospice UK, perubahan metabolisme orang yang sekarat dapat menyebabkan napas, kulit, dan cairan tubuh mereka memiliki bau khas yang mirip dengan penghapus cat kuku.

“Jika seseorang sekarat karena kanker usus atau perut, baunya mungkin cukup kuat,” katanya.

Kulit di sekitar tangan dan kaki pasien mungkin mengalami perubahan menjadi warna biru berbintik-bintik. Selain itu, kulit orang yang sekarat juga bisa sedikit membengkak.

Hal ini disebabkan oleh berkurangnya sirkulasi darah dan normal jika darah menggenang atau menggumpal di dalam tubuh, terutama di dasar tulang belakang.

6. Jarang Buang Air
Tanda orang mau meninggal yang terakhir yaitu fungsi dan pergerakan organ pencernaan tidak berjalan dengan optimal. Karena itu, kurangnya asupan yang masuk ke tubuh juga mempengaruhi frekuensi seseorang untuk buang air kecil atau besar. (Red)

Sumber : detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here