Fajar/Rian Juarai All England 2023

Katakepri.com, Jakarta – Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi juara All England 2023. Posisinya sebagai peringkat nomor satu di sektor ganda putra dunia pun kian tak terkejar lawan-lawannya.

Hal itu dibuktikan melalui ranking terbaru yang dirilis BWF per tanggal 21 Maret 2023, setelah All England rampung diselenggarakan pada 19 Maret lalu.

Fajar/Rian mendapat tambahan 4.200 poin dari pekan lalu yang hanya mengumpulkan 92.464 poin dan kokoh di peringkat pertama. Jumlah angka tersebut pun membuat lawan-lawannya belum mampu mengejar.

Tak hanya ganda putra Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang terus mengekor di peringkat kedua ranking BWF ganda putra dunia, seniornya, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan juga bertahan di peringkat ketiga. Masing-masing mengantongi 84.683 poin dan 80.225 poin.

Dari top ten ganda putra, hanya tiga pasang yang mengalami perubahan posisi peringkat. Mereka ialah ganda China Liang Wei Keng/Wang Chang naik tiga tingkat dari peringkat ke-10.

Kemudian, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark) naik ke peringkat sembilan setelah naik dua tingkat dari sebelumnya. Terakhir, ganda Korea Selatan Choi Sol Gyu/Kim Won Ho yang naik satu tingkat dan masuk 10 besar dunia.

Adapun bagi Fajar/Rian, All England menjadi gelar keduanya di tahun ini, bahkan di level BWF World Tour Super 1000. Sebelumnya, mereka juga menjuarai Malaysia Open 2023 pada Januari lalu.

“Dukungan orang-orang terdekat membuat kami bisa bangkit dan sampai di titik ini. Mereka selalu ada untuk kasih motivasi dan yang harus diingat, setelah juara ini kami bukan siapa-siapa lagi. Jadi harus tetap berjuang lagi dan terus memberikan yang terbaik,” kata Rian dalam rilis PBSI.

Sedangkan empat pasang ganda putra Indonesia lainnya ada yang bertahan di posisi lainnya, sisanya turun peringkat. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin serta Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan tetap berada di peringkat 11 dan 20 dunia dengan masing-masing 60.140 poin dan 47.453 poin.

Sementara itu, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri turun tiga tingkat dari posisi ke-12. Begitu pula, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang batal tampil di All England 2023 turun drastis sebanyak lima anak tangga klasemen BWF. Sebelumnya Minions berada di ranking ke-19, lalu menjadi 24 dunia. (Red)

Sumber : detik.com