Pemko Tanjungpinang Akan Selenggarakan Bazar Ramadhan 1444 H Di Pamedan

Katakepri.com, Tanjungpinang – Menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan 1444 H yang tahun ini bertepatan jatuh pada tanggal 23 Maret 2023, Pemerintah Kota Tanjungpinang akan melaksanakan Bazar Ramadhan di lapangan Pamedan A Yani. Bazar Ramadhan dilaksanakan selama sekitar satu bulan, mulai tanggal 20 Maret sampai dengan 18 April 2023.

Wali Kota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP, MM mengatakan pelaksanaan bazar Ramadhan ditujukan sekaligus membantu para pelaku IKM dan UMKM dalam mempromosikan serta memasarkan produk-produknya kepada masyarakat luas. Konsep pelaksanaan bazar saat ini tengah disusun dengan mencoba mengkombinasikan penyediaan berbagai jenis produk fashion, kerajinan tangan, aksesoris, perlengkapan ibadah, dan tentu saja usaha kuliner.

“Alhamdulillah kita akan segera memasuki bulan Ramadhan 1444 Hijriyah. Untuk terus memperkuat pertumbuhan ekonomi pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Tanjungpinang, kita akan melaksanakan bazar Ramadhan di lapangan Pamedan A Yani. Keberkahan bulan Ramadhan tentunya kita harapkan juga mendatangkan berkah bagi seluruh lapisan masyarakat,” ungkap Rahma.

Menurut wali kota yang sering disebut para pelaku IKM dengan sebutan “Bunda IKM” itu, bazar merupakan ajang promosi produk IKM dan UMKM paling efektif. Seperti yang telah terlihat melalui pelaksanaan bazar sempena Hari Jadi ke-239 Tanjungpinang dan bazar Imlek 2574 beberapa waktu lalu. Pelaku usaha mendapatkan pendapatan berkali lipat dari biasanya, dan bazar-bazar yang dilaksanakan oleh Pemko Tanjungpinang menjadi momen yang dirindukan para pelaku IKM/UMKM.

Pasca Covid-19 tahun 2022 lalu, bazar Ramadhan dilaksanakan di Kawasan Bintan Center dengan hanya menyediakan produk kuliner atau juadah Ramadhan. Dengan telah dicabutnya status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah RI secara resmi oleh Presiden Joko Widodo, Pemerintah Kota Tanjungpinang menyelenggarakan bazar Ramadhan dengan skala lebih luas dan berbeda dari tahun sebelumnya. Diperkirakan bazar Ramadhan 2023 di Pamedan nanti, setidaknya bisa menampung dan diikuti oleh 300 pelaku IKM/UMKM.

“Bazar Ramadhan nanti, akan berbeda dengan sebelumnya. Lebih banyak produk IKM dan UMKM yang dapat memasarkan produknya. Para pedagang kaki lima juga kita sediakan tempat khusus, agar berkah Ramadhan dirasakan oleh semua kalangan,” jelas Rahma. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here