Menteri Ekspor Inggris Sebut Indonesia Pasar yang Terus Berkembang

Katakepri.com, London – Menteri Ekspor Inggris Andrew Bowie mengunjungi Indonesia pada 1-2 Februari 2023 untuk mempererat kerja sama perdagangan antara kedua negara. Dia mengatakan, Indonesia pasar yang kian berkembang dan dinamis, sehingga tersedia banyak kesempatan untuk perusahaan-perusahaan Inggris.

Menurut Bowie, hubungan dagang kedua negara bernilai lebih dari tiga miliar poundsterling per tahun.  Melalui kunjungannya kali ini, dia berharap dapat membawa peluang-peluang yang bisa meningkatkan hubungan Inggris dan Indonesia.

“Melalui usaha kami mencapai angka satu triliun poundsterling per tahun, ekspor jasa dan manufaktur kami pada khususnya akan mendorong pertumbuhan di Indonesia dan ASEAN, karena semakin banyak perusahaan yang melakukan ekspor, semakin tumbuh pula lapangan pekerjaan dan ekonomi,” ujar Bowie dikutip dari siaran pers yang diterima pada Rabu (1/2/2023).

Kunjungan Bowie menyusul komitmen yang telah dibuat lewat Peta Jalan Kerjasama Inggris-Indonesia 2022-2024 dalam peningkatan perdagangan, investasi, dan kerjasama ekonomi di antara kedua negara.

Dia akan bertemu dengan beberapa menteri terkait, seperti Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Kian bertambahnya jumlah kerja sama antara kedua negara merupakan hasil dari peluncuran Komite Ekonomi dan Perdagangan Bersama Inggris-Indonesia pada Februari 2022. Program ini bertujuan mempromosikan dan mengembangkan perdagangan, investasi, dan kerja sama ekonomi serta mencari jalan keluar dari keterbatasan dalam perdagangan.

“Inggris selalu siap mendukung rencana pembangunan infrastruktur Indonesia. Saya harap pertemuan dan kegiatan yang berlangsung selama kunjungan Menteri Bowie akan mendorong kemajuan di bidang-bidang tersebut,” ujar Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins.

Jenkins mengungkapkan, sangat senang sekali melihat semakin kuatnya hubungan Inggris-Indonesia di bidang transportasi. Pemerintah dan industri kedua negara saling membantu untuk menghadirkan berbagai keahlian dan mengidentifikasi cara untuk meningkatkan kerjasama.

Bertepatan dengan keketuaan Indonesia di Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) tahun ini, Bowie juga akan bertemu dengan Sekretaris Jenderal ASEAN Dr Kao Kim Hourn. Keduanya akan mendiskusikan kerjasama ASEAN-Inggris dalam mewujudkan hubungan perdagangan dan investasi yang ambisius, dinamis dan berdampak baik. (Red)

Sumber : republika.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here