Tiongkok akan perkuat kerja sama dengan Iran

Katakepri.com, Istanbul – Presiden China Xi Jinping pada Jumat (29/7/2022) mengatakan Beijing akan memperkuat kerja samanya dengan Iran.

“China bersedia memperkuat kerja sama dengan Iran dalam Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) dan kerangka kerja sama lainnya,” kata Xi kepada Presiden Iran Ebrahim Raisi melalui percakapan via telepon, lapor harian China Global Times.

Pembicaraan itu dilakukan saat SCO mengadakan pertemuan tingkat tinggi para menteri luar negerinya di Tashkent, ibu kota Uzbekistan. Iran adalah salah satu anggota SCO. Xi mengatakan China mendukung “jalur pembangunan independen” negara-negara Timur Tengah.

China dan Iran telah meningkatkan hubungan bilateral mereka ke tingkat strategis dan juga telah menandatangani kesepakatan di mana Beijing akan menginvestasikan lebih dari USD400 miliar di Iran dalam 25 tahun ke depan.

Sebelumnya pada hari itu, Xi juga berbicara dengan Presiden Polandia Andrzej Duda. Xi mengatakan bahwa China melihat Polandia sebagai “mitra pilihan di Eropa dan bersedia untuk meningkatkan kepercayaan politik dan terus meningkatkan kemitraan strategis yang komprehensif.” (Red)

Sumber : republika.co.id