Usaha Rumahan yang Lagi Tren dan Menjanjikan

Katakepri.com, Jakarta – Pandemi telah membuat banyak orang harus membatasi aktivitasnya dan lebih banyak menetap di rumah. Agar lebih produktif, saat ini banyak orang yang sedang mencari ide-ide usaha rumahan yang minim modal tapi menguntungkan.

Selain itu membuka usaha rumahan dapat memberikan pemasukan tambahan. Ide-ide usaha seperti ini kerap dilirik dan dijadikan salah satu cara untuk menghasilkan pendapatan lebih, mulai dari ibu rumah tangga, pegawai kantoran hingga mahasiswa rela menekuninya.

Bukan tidak mungkin bila usaha rumahan yang ingin kamu buka malah menjadi peluang usaha yang menjanjikan dengan keuntungan menarik. Nah bagi yang mau mulai usaha, berikut ini ada beberapa usaha yang bisa kamu jalankan dari rumah dengan modal minim.

Berikut jenis usaha rumahan yang menguntungkan juga menjanjikan:

1. Dropshipper

Ada yang sebelumnya pernah dengar istilah yang satu ini? Dropshipper itu beda dengan jadi pedagang atau reseller ya.

Dropshipper adalah orang yang bertindak layaknya agen dengan menjual barang tanpa perlu membeli terlebih dahulu barang yang dijualnya.

Ilustrasinya begini. Misalnya, kamu adalah dropshipper dari produk kecantikan. Suatu ketika pembeli A memesan produk kecantikan lewat kamu. Pesanan si A kemudian kamu teruskan ke penjual C. Begitu penjual C menerima pesanan, ia menyiapkannya dan mengirimnya ke pembeli A cuma pakai nama kamu.

2. Jastip

Buat yang getol banget main Instagram, pasti beberapa kali pernah lihat akun yang menawarkan jasa titip alias jastip online.

Buat kamu yang belum tahu, jastip ini bisa dibilang mirip-mirip dengan dropshipper. Intinya, jastip adalah terobosan baru dalam berbisnis dengan menawarkan jasa belanja. Kamu bakal diupah karena membelikan barang orang. Dari sana keuntungan didapat.

3. Social Media Influencer

Social media influencer adalah figur di media sosial yang bisa mempengaruhi para pengguna sosial media lainnya lewat postingan-postingan yang mereka buat.

Gimana ciri-ciri social media influencer? Pertama, pasti punya followers yang banyak, minimal tiga ribu. Kedua, setiap posting dapat banyak like, respons, atau share.

Dari mana kerjaan ini menghasilkan uang? Ya banyak dong, yang paling gampang tentu aja dari endorse.

4. Vlogger

Ini juga bisa jadi bisnis online tanpa modal yang menjanjikan. Buktinya rata-rata yang menjadi vlogger punya penghasilan lebih dari UMR.

Bayaran vlogger sendiri bervariasi. Namun, rata-rata vlogger bisa mengantongi dua digit per bulan.

Mereka memperoleh pendapatan tersebut dengan meng-endorse produk atau jasa ke dalam video yang mereka buat. Belum lagi ditambah iklan-iklan atau adSense yang terpampang di video mereka.

5. Jasa Membuat Situs

Bisnis online terpercaya lainnya bisa dilakukan tanpa modal dengan mengandalkan jasa yang kamu tawarkan, lho! Yaitu jasa membuat website atau situs. Kebiasaan orang-orang zaman sekarang yang mengandalkan Internet buat dapatkan informasi jadi pendorong individu atau perusahaan buat punya website sendiri.

Nggak sedikit di antara mereka yang bingung atau pengin praktisnya aja buat memiliki website. Makanya mereka butuh yang namanya jasa pembuat website. Kalau kamu emang kebetulan punya skill buat website, nggak ada salahnya nih menjadikan ini sebagai ide bisnis online tanpa modal.

Sebagai gambaran, bikin website secara keseluruhan dihargai mulai Rp 500 ribu hingga lebih Rp 10 juta, tergantung fitur-fitur yang ditawarkan. Fitur-fiturnya mulai dari desain, jumlah halaman, statistik website, dan lain-lainnya.

6. Konsultan

Kamu memiliki suatu keahlian yang layak untuk dibagikan ke orang-orang banyak? Buka jasa konsultan online saja. Misalnya kamu seorang arsitek, kamu bisa membuka jasa konsultasi terkait desain eksterior sebuah hunian.

Contoh lainnya, misalnya kamu pakar SEO, kamu bisa membagikan ilmu yang kamu miliki ke perusahaan-perusahaan yang baru merintis dan ingin meningkatkan brand mereka di dunia maya. Modal untuk membuka bisnis konsultan ini nggak mahal kok, cuma butuh laptop dan jaringan internet saja. Terus bagaimana cara promosinya?

Promosikan keahlian kamu itu di media sosial, dan jangan lupa cantumkan portofolio klien-klien yang sukses kamu berikan arahan. Untuk dunia profesional ini, kamu bisa mencantumkan daftar kesuksesanmu itu di LinkedIn.

7. Desain Grafis

Jika kamu memiliki keahlian menggambar yang oke, kenapa tidak buka jasa desain grafis? Apalagi kalau itu hobi kamu. Menjalankan bisnis yang merupakan hobi, bakal terasa ringan dijalani.

Banyak hal yang bisa kamu kerjakan bila menjadi desain grafis, mulai dari mendesain website, mendesain undangan, logo perusahaan, brand, brosur, dan lain-lain. Bayarannya tergantung dari tingkat kesulitan desain tersebut. Tapi yang jelas bayaran untuk sebuah kreativitas itu besar lho, bisa jutaan sampai puluhan juta!

8. Penulis Lepas

Semua bisnis kini sudah banyak yang beralih ke digital. Mereka membutuhkan sebuah tulisan untuk menjual produk atau sekadar mempromosikannya. Nah oleh sebabnya, kenapa sekarang pekerjaan menjadi seorang penulis sangat dicari.

Kalau kamu lihat banyak perusahaan besar yang membuka lowongan untuk content writer, atau copywriter. Tapi bagaimana dengan perusahaan-perusahaan kecil yang dana operasionalnya terbatas? Salah satu pilihan mereka adalah membayar jasa penulis lepas.

9. Admin Media Sosial

Jago merangkai kata-kata? Kamu mungkin cocok untuk menjadi admin media sosial. Sama kayak menjadi penulis, jasa admin media sosial kini juga sedang banyak dicari, hal ini karena semua bisnis sudah menjadikan media sosial sebagai media mereka memasarkan produknya.

10. Jasa Terjemahan

Punya kemampuan bahasa asing yang mumpuni? Sayang banget deh kalau dianggurin. Mendingan dipakai buat jual jasa terjemahan, dijamin bakal menghasilkan duit.

Sekarang makin banyak yang butuh jasa translate. Soalnya selain banyaknya perusahaan asing yang investasi di sini, nggak sedikit juga orang-orang Indonesia yang pengin luaskan bisnisnya ke luar negeri. Supaya lancar, mereka perlu jasa translator buat menerjemahkan dokumen-dokumen mereka.

Selain itu, di tengah era globalisasi saat ini, banyak film-film luar negeri yang bisa kita saksikan dari rumah. Dengan begitu jasa terjemahan ini dapat digunakan untuk menerjemahkan percakapan dalam film tersebut dan mengubahnya menjadi subtitle. Mulai kebayang kan peluang dari jasa terjemahan ini?

Nggak cuma itu, bayaran bahasa tertentu, semisal bahasa Mandarin lebih mahal ketimbang bahasa Inggris. Sebab mereka yang memahami bahasa Mandarin masih minim.

11. Joki Game

Main game, selain menyenangkan juga menghasilkan lho. Nggak percaya? Bayaran buat menjadi joki game Mobile Legends aja bisa mencapai Rp 21 juta.

Kamu pasti heran kenapa bayaran main game bisa sefantastis itu. Asal kamu tahu, Mobile Legends ini bisa dibilang lebih fenomenal dari game-game lainnya. Dari anak-anak hingga orang dewasa main game yang satu ini.

Karena begitu populernya, gengsi pun turut dipertaruhkan di sini. Makin tinggi rank si pemain, makin tinggi gengsinya. Makanya banyak yang pakai jasa joki buat bikin rank setinggi-tingginya.

12. Jasa Tutor Online

Bisnis online tanpa modal yang satu ini bukan berarti benar-benar tanpa modal, ya. Melainkan kamu butuh keahlian mengajar dan juga pengetahuan mumpuni.

Jasa tutor online bisa dilakukan baik secara individu maupun berkelompok. Jangan khawatir, sudah tersedia banyak platform yang mendukung bisnis ini, misalnya SnapAsk dan Superproof.

Selain itu kamu bisa melaksanakan tutor online ini menggunakan aplikasi conference call seperti Zoom, Microsoft Teams, atau Google Meet.

13. Warung Kopi dan Warung Makan

Warung kopi dengan modal Rp 3-4 jutaan sudah bisa dijalankan. Apalagi kalau di dalamnya tersedia juga menu Indomie telor dan kornet, pasti bisa makin laris.

Membuka usaha ini di rumah tentu cukup menguntungkan. Selain biayanya murah dan tak perlu sewa tempat, bahan bakunya juga sangat mudah dicari. Cara pemasarannya pun cukup mudah.

Bisnis Rumahan berupa warung makan atau kopi rumahan tentu merupakan ide yang menjanjikan. Terutama jika memiliki rumah terletak di dekat perkantoran, mengingat banyak sekali karyawan yang kebingungan cari makan siang.

14. Kuliner Bakso, Bubur Ayam, Gado-gado

Kuliner ini juga selalu ada di mana-mana, tak hanya di kota besar, karena bakso juga merupakan kuliner khas Indonesia, maka wajar saja jika menjadi salah satu peluang usaha. Membuka lapak bakso bisa dimulai dari garasi ataupun di teras rumah.

Jualan dengan gerobak juga bisa menjadi opsi. Modal lengkap untuk gerobak dengan roda untuk berjualan keliling biasanya seharga Rp1,3 jutaan. Sementara itu, biaya untuk membeli bahan baku dan peralatan juga cukup dengan uang Rp2 jutaan, dan peralatan makan Rp700 ribuan juga cukup.

Modal usaha bubur ayam juga tidak mahal, mirip-mirip dengan bakso. Bermodalkan Rp 3,8 juta sudah bisa dapat dandang stainless, kompor gas, regulator, tabung, beras putih 5 kilogram, bumbu, daging ayam, serta peralatan makan.

15. Agen Asuransi Online

Profesi agen atau mitra asuransi kian populer, apalagi pengetahuan masyarakat atas pentingnya asuransi semakin meningkat, sehingga minat masyarakat dalam produk asuransi ini juga bertumbuh pesat.

Banyak agen asuransi yang sukses mengantongi puluhan juta rupiah setiap bulannya sebagai komisi saat sukses menjual produk asuransi untuk melindungi nasabahnya dari resiko finansial.

Pekerjaan ini juga kian populer karena waktu kerja yang fleksibel dan tanpa komitmen. Semakin banyak produk yang terjual dan semakin banyak rekan yang bergabung menjadi mitra, semakin banyak pula uang yang dikantongi. Modal yang keluar pun tak besar. (Red)

Sumber : detik.com