New York Porak Poranda Dihantam Badai Ida

Katakepri.com, New York – Gubernur New York, Kathy Hochul mengumumkan keadaan darurat pertamanya ketika sisa-sisa Badai Ida menghantam salah satu negara baru terbesar di Amerika Serikat (AS). Sisa-sia Badai Ida membawa hujan lebat dan banjir besar ke wilayah Timur Laut AS.

“Saya menyatakan keadaan darurat untuk membantu warga New York yang terkena dampak badai. Harap menjauh dari jalan dan hindari semua perjalanan yang tidak perlu,” ucap Hochul.

“Hujan lebat ini jauh lebih dari yang diperkirakan siapa pun dan meninggalkan wilayah dalam situasi yang sangat mengerikan,” sambungnya, seperti dilansir Xinhua pada Kamis (2/9/2021).

Deklarasi darurat Hochul muncul sekitar satu jam setelah Walikota New York City, Bill de Blasio mengumumkan keadaan darurat di kotanya. 

“Kami mengalami peristiwa cuaca bersejarah malam ini dengan hujan yang memecahkan rekor di seluruh kota, banjir brutal dan kondisi berbahaya di jalan kami,” ucap de Blasio.

Sementara itu, mendesak orang untuk menjauh dari jalan, Layanan Cuaca Nasional (NWS) di New York mengatakan bahwa pihaknya melihat terlalu banyak laporan tentang penyelamatan air dan pengendara yang terdampar.

Menurut NWS, rekor hujan sekitar 80 milimeter turun di Central Park di Manhattan pada Rabu malam.

Beberapa jalan dan apartemen terendam air hingga satu meter ketika kota New York mengumumkan larangan perjalanan. “Semua kendaraan non-darurat harus berada di luar jalan raya dan jalan raya kota New York,” ujar NWS. (Red)

Sumber : sindonews.com