Wakil Ketua DPD Diskusi Tentang Batam di Kantor Walikota

katakepri.com, Batam –¬†Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono diskusi tentang kondisi Batam bersama Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad. Diskusi dilakukan dalam kunjungan Nono ke Kantor Walikota Batam, Senin (29/1).

“Informasi mengenai hubungan Pemko dengan BP Batam. Itu yang ingin didapatkan dari kunjungan beliau. Sebelumnya beliau juga sudah berkunjung ke BP Batam,” kata Amsakar.

Pada kesempatan tersebut, Amsakar menjelaskan sejarah perkembangan Batam secara singkat. Mulai dari masa Batam sebagai logistik Pertamina, sampai terbentuk Otorita Batam, dan Pemerintah Kota Batam.

“Dari sisi regulasi, ada amanat penguatan wewenang daerah. Yang perlu kami sampaikan ke DPD, harapkan dukungan dari DPD RI untuk support amanah Presiden, untuk menggesa transformasi Batam dari kawasan perdagangan bebas ke Kawasan Ekonomi Khusus,” paparnya.

Sementara dari DPD menyampaikan rencana pemerintah membentuk Blok Masela di Maluku. Terkait rencana tersebut, Amsakar menyampaikan masukan harus ada pembagian kewenangan yang jelas antara pemerintah dengan bentukan baru.

“Di Medan, Inalum tutup, yang modelnya seperti BP Batam. Saya sampaikan, kalau betul-betul sudah terbagi habis kewenangan silakan, tapi kalau belum sebaiknya dikelola daerah,” ujarnya.

Saat ini, menurut Amsakar, pembagian kewenangan antara Pemko dengan BP Batam menjadi jalan tengah penyelesaian masalah. Karena tidak perlu membubarkan yang satu dan mempertahankan yang lain. (Red/Hum)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here