Jokowi, Raja Ampat dan Bali

katakepri.com, Jakarta –¬†Kemarin, Presiden Jokowi mendatangi Raja Ampat dan Bali. Dua destinasi hits Indonesia ini ingin terus ditingkatkan dan dipromosikan pariwisatanya.

Jumat sore (22/12) kemarin, Presiden Jokowi bersama rombongan menteri termasuk Menteri Pariwisata Arief Yahya mendatangi Pantai Kuta di Bali dan menyapa wisatawan. Tujuannya, agar membuktikan Bali aman dikunjungi pasca erupsi Gunung Agung beberapa waktu lalu.

“Presiden tadi banyak menyapa wisman (wisatawan mancanegara) dan wisnus (wisatawan Nusantara) di Kuta. Wisatawan antusias, semuanya berjalan normal,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya kepada detikTravel, Jumat (22/12/2017) kemarin.

“Kehadiran Presiden Jokowi ini tentunya memberikan pesan ke dunia bahwa kondisi Bali sepenuhnya aman. Bali normal,” lanjutnya.

(dok Kemenpar)(dok Kemenpar)

Setelah dari Pantai Kuta, malam harinya Presiden Jokowi menggelar Rapat Terbatas Kabinet Kerja di Werdhapura Hotel, Sanur. Turut hadir Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menko Kemaritiman Luhut B Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Menteri ESDM Ignasius Jonan. Sedikitnya ada 12 menteri dan setingkat menteri.

“Tadi sore, Pak Gubernur menyampaikan sekarang sudah mulai akan normal kembali. Sehingga dengan rapat terbatas di Bali ini, kita harapkan di Bali tidak ada masalah berkaitan aman-tidaknya wisata di Bali,” kata Jokowi dalam rapat tersebut.

(David/detikTravel)(David/detikTravel)

Inti dari rapat terbatas itu adalah menyatakan Bali aman dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri. Hanya radius 10 km dari Gunung Agung yang harus dihindari wisatawan, selebihnya destinasi wisata lain di Bali aman untuk dikunjungi

Pengembangan Wisata Raja Ampat

Di hari yang sama, Jumat (22/12) sebelum ke Bali Presiden Jokowi dan rombongannya mendatangi Raja Ampat terlebih dulu. Orang nomor satu Indonesia itu merayakan Hari Ibu di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC).

Kunjungan Presiden Jokow di tanah Papua sebenarnya sudah berlangsung sejak Rabu (20/12). Jokowi meninjau pembangunan Bandara Internasional Douw Aturure di Nabire hingga merayakan Hari Ibu di Raja Ampat.

Dalam pantauan detikTravel di laman Instagram pribadi Presiden Jokowi, @jokowi memposting video dari Biro Pers Setpres tentang kunjungannya di Raja Ampat. Terlihat Jokowi bersama anaknya, Kaesang memancing ikan di lautan.

Dalam caption postingan tersebut, ditulis bahwa Jokowi meninjau perkembangan pariwisata di Raja Ampat, Papua Barat. Caranya, dengan memperlebar landasan pacu Bandara Marinda di Waisai agar bisa didarati pesawat Boeing.

“Di depan Gubernur Raja Ampat, Dominggus Mandacan saya menelpon Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk menindaklanjuti perpanjangan Bandara Marinda, Waisai di Kabupaten Raja Ampat. Saat berkunjung ke Raja Ampat di akhir tahun 2015, sebenarnya saya telah meminta agar landasan pacu bandara tersebut diperpanjang supaya dapat didarati pesawat Boeing. Menhub berjanji landasan pacu akan ditambah 1100 meter menjadi total 2400 meter dan akan selesai tahun 2018/2019,” begitu tulisan pada captionnya.

Jika diperhatikan, Presiden Jokowi begitu menaruh perhatian penting pada sektor pariwisata. Raja Ampat akan dibenahi bandaranya supaya makin banyak wisatawan ke sana dan Bali didatanginya agar jadi bukti bahwa Pulau Dewata aman dikunjungi, terutama untuk liburan akhir tahun ini. (Red)

Sumber ; detik.com