Sederhana, Begini Saran Dokter untuk Redakan Sariawan

katakepri.com, Jakarta –¬†Sariawan memang bukan penyakit yang serius, tetapi kondisi ini kerap mengganggu karena menyulitkan untuk makan dan berbicara. Sariawan sendiri disebabkan oleh beberapa faktor, seperti stres, luka di mulut akibat tergigit, genetik, serta siklus haid.

Diutarakan oleh Dr drg Febrina Rahmayanti SpPM, dokter gigi spesialis penyakit mulut dari RS Pondok Indah – Pondok Indah, untuk meredakan sariawan hal pertama yang patut diperhatikan adalah mencari faktor pencetusnya dahulu, misal dari oral hygiene atau kebersihan mulut.

“Dicari faktor pencetusnya, mungkin kalau oral hygiene-nya (kebersihan mulut) kurang, bisa tingkatkan oral hygiene-nya,” tutur dr Febrina sapaan akrabnya.

Kemudian, lanjut dr Febrina, untuk mempercepat penyembuhan sariawan bisa juga diberikan antiseptik. “Antiseptik juga macam-macam tergantung lesi-nya, tergantung ulser-nya,” ujar dr Febrina.

Untuk mengatasi sariawan, garam pun ditengarai bisa mengatasi sariawan karena berfungsi sebagai antiseptik.

“Jadi kalau misalnya sariawannya kecil, terus nggak sakit. Untuk membuat nyaman itu juga bisa lho kumur dengan air garam,”. (Red)

Sumber : detik.com